Puisi Cinta kumpulan sajak kiriman netizen, update tiap hari.
Anda bisa simak, bacain, voting, komen atau download sebagai gambar story/status. Lihat Daftar Puisi.

Kirim Puisi Sekarang
MENU

Puisi Cinta

Puisi Cinta Romantis merupakan kumpulan karya singkat tentang cinta, berbagai contoh karya bisa kamu temukan disini.
Cinta sejati itu laksana aroma terapi yang membuat suasana hati sedemikian mengagumi. Kata kata mutiara cinta Membuat suasana hati menjadi rindu, yang membuat suasana hati menjadi sedemikian cemburu. Namun ada kalanya aroma ini menjadi alergi. Alergi untuk segala suka cita dan gembira, merubahnya menjadi kesedihan dan derita. Puisi tentang cinta selalu menjadi ornamen siapapun yang sedang jatuh cinta.

Pesan cintanya menggetarkan ia yang dimabuk asmara, bahkan hanya bila berisi beberapa kata saja. Rangkaian bait-bait Cintamu yang selalu terbang bersama imaji membentuk bait-bait puisi. Cintaku yang makin berkobar diatas secarik kertas membentuk puisi. Puisi Cinta Untuk Menggetarkan Hati Pacar UWU (323 Puisi)

Cinta sejati akan selalu ada diantara ketulusan dan keikhlasan hati.
Itulah secuil prosa tentang cinta, walaupun tema yang diangkat seputar cinta tidak selalu menyenangkan seperti jatuh cinta.

Gambar Kutipan Puisi Cinta

Puisi Cinta

Puisi Cinta bergambar diatas berjudul Aku yang lemah karya Muhammad Khoirul Umam

Dengan prosa tersebut mudah-mudahan akan menjadi inspirasi dalam berpuisi. Seperti puisi jarak jauh, cinta terlarang, perpisahan.
Variasi lain dari tema ini adalah cinta yang tak harus memiliki, cinta tak terbalas, sahabat jadi cinta, cinta beda agama dan sebagainya.

Jika keadaan itu tak membuatmu terinspirasi membuat puisi, ciptakan dulu suasana melow dengan puisi galau

Karya-karya kahlil gibran menjadi bacaan wajib untuk menambah wawasan bagaimana mengemas sebuah puisi tentang cinta.
Selain tidak terlalu galau, ia mampu memberikan sedikit warna abstrak didalamnya.

Literatur wajib dalam percintaan baik itu jatuh cinta atau patah hati adalah Puisi cinta. Saling berkirim salam sayang melalui sosial media pun dilakukan, salam yang disampaikan lewat kata puitis.

Tanpa itu kisah cinta serasa hambar, tak ada rasa berbunga-bunga.
Dalam hati seorang penyair, cinta bagaikan api yang menyala, sehingga wajib untuk dijaga.

Menulis Puisi Cinta

Melalui kata-kata cinta saja api itu mampu menjadi api yang hangat. Kiasan-kiasan yang bisa membuat mata berkaca-kaca.
Pola penulisan diksi yang dipilih haruslah bervariasi, harus kaya, tidak seperti kalimat yang berputar-putar.

Kelugasan yang lembut, yang mampu menembus hati orang yang dicintai.

Diksi yang kaya dalam puisi cinta menjadi kerangka yang baik, Karena Puisi tentang cinta menggambarkan perasaan. Sebaliknya bila kurang variasi bakal sia-sia. Menulis puisi tentang cinta adalah upaya untuk mencari tahu apa yang telah diperjuangkan manusia selama ribuan tahun. Mencoba menemukan diksi-diksi yang tepat untuk menggambarkan perasaan yang tak terlukiskan, untuk mendamaikan kata di kepalamu dengan emosi di hati.

Pertama-tama, kamu harus menemukan seseorang untuk menulis puisi itu, yang merupakan tantangan tersendiri. Setelah mencapai prestasi yang menakutkan itu, kamu harus memikirkan bagaimana perasaanmu tentang orang itu. Seberapa dekat kalian berdua? Sudah berapa lama kalian bersama? siapkah untuk menulis puisi untuk pacar tersayang? Apa doi siap menerimanya? Benarkah kamu menyukainya atau mencintainya?

Ini semua tergantung pada siapa kamu, siapa orang itu, dan sifat hubunganmu. Mungkin merupakan bagian termudah dari keseluruhan proses, tergantung pada seberapa dekat kamu dengan perasaanmu.

Untuk larut dalam perasaan mereka yang menulis puisi tentang rindu mungkin tahu.

Setelah kamu mengetahui perasaanmu tentang orang ini, kamu perlu memutuskan bagaimana kau ingin perasaan itu muncul dalam puisi. Seserius apa kamu menginginkannya? Apa kau ingin membuatnya tertawa atau menangis? Mungkin keduanya? Seberapa sehat atau sensual puisi itu? Apakah kau ingin mencurahkan segenap hati dan jiwamu kepada orang ini?

Lalu, ada masalah tradisi puitis. Kita memiliki ribuan tahun puisi cinta yang ditulis bahkan sebelum kita belajar memegang pena. Disamping itu, juga dikelilingi dan dipengaruhi oleh kisah cinta selama bertahun-tahun, belum lagi karya seni dan lagu dari generasi ke generasi.

Ditambah lagi, ada pengaruh cinta kehidupan nyata yang pernah kau lihat di sekitarmu dalam bentuk anggota keluarga, teman, kenalan, bahkan orang asing.

Susun Tiap Baris Sesuai Perasaan

Bisakah puisimu akan berinteraksi dengan semua preseden ini? Akankah kamu membangunnya? Apakah akan meminjam darinya?

“Selalu waspada terhadap apa yang dapat kau curi.” Maukah kamua mencuri dari penulis hebat di masa lalu dan sekarang? Atau apakah kau akan mengubah konvensi dan preseden yang telah dia tetapkan? Atau mungkin kamu akan menolaknya sepenuhnya?

Untuk itu kumpulan puisi romantis buat pacar punya jurusnya

Kamu juga harus mempertimbangkan tradisi puitismu sendiri, jika kamu pernah menulis puisi sebelumnya. Apakah kamu ingin puisi ini seperti puisi lain yang kamu tulis? Atau ingin mencoba sesuatu yang berbeda? Pernahkah menulis puisi untuk orang ini sebelumnya? Apa yang pacarmu harapkan untuk kau tulis? Apakah kamu akan bekerja sesuai harapan itu, atau akankah menggoyahkannya dan memberinya sesuatu yang baru?

Hal penting lainnya yang perlu diingat adalah puisi tentang cinta itu dimaksudkan untuk dipahami. Bagaimanapun, itu adalah hadiah untuk seseorang. Ketika kau menulis puisi cinta untuk seseorang, dia harus bisa memahaminya, jika tidak, makna dan dampaknya akan hilang.

Jika seseorang bingung dengan puisi tentang cinta yang kamu tulis untuk pacar, kamu tidak bisa begitu saja memberikannya. Karena doi mungkin saja membuang puisi itu ke tempat sampah dan menghapus nomor teleponmu dari daftar kontaknya.

Terbayang kan bagaimana sedihnya ? sesedih para penyair puisi sedih mungkin.

Hal itu bukan untuk mengatakan bahwa puisi cintamu tidak boleh dalam atau kompleks, tetapi tidak bisa begitu dalam dan kompleks sehingga pembaca tidak dapat memahaminya.

Ini adalah pertanyaan yang hanya bisa kamu jawab. Doi bergantung sepenuhnya padamu dan hubunganmu. Pada akhirnya, ada alasan mengapa orang telah menulis puisi untuk orang yang ia cintai selama ribuan tahun; puisi adalah salah satu cara terbaik dan paling bermakna untuk mengungkapkan perasaanmu kepada orang lain.

Kata cinta dalam puisi

Ketika kau memberikan puisi cinta kepada seseorang, kamu mengatakan kepadanya, “Aku sangat mencintaimu, aku telah menempatkan diriku berjajar bersama para penyair. Aku telah menciptakan kata-kata dari apa yang aku rasakan untukmu di hatiku. ”

Tidak mampu menembus hati, alih-alih malah mengerutkan dahi, dan yang paling buruk adalah merasa malu membacanya.

Kumpulan Puisi Cinta Hingga 2020

Apa

Dibawah gelap temaramnya bulan
Dan rasa dingin yang begitu menyakitkan
Ada rasa yang ingin berbicara
Pada dunia yang begitu luas

Malam ini ku ingin bercerita
>>...

0

Semusim Lalu

Semusim berlalu
Senyum bahagia di wajah senja tlah beku
Air mata paling bahagia, jerit tangis dan tawa
Kitalah dua insan simbol kehilangan

Ratap demi ratap
Selalu membasahi tiap helai magenta
Biar >>...

7

Takrif Cinta

Sejelas-jelasnya ia
Ungkapan dari rasaku seterang izhar

Degubku bahkan lebih memantul tasydid dari tajibul ghunnah
Ia berdengung hanya untukmu saja-saja

Tiap kali tandangmu menyapa kesunyian ini
Hatiku terguncang hebat layaknya qalqalah kubra >>...

10

SAKTAH

Diantaranya
Kita hanya menjeda sejenak
Memilih mensaktahkan diri sesaat nafas

Dan setidaknya
Ghunnah ini terus menderu syahdu
Mendayu hingga pada waqaf yang lazim dan mutlak

;Berhenti
Di kemudiannya

Aceh, 11 November 2020

0

NO WAY

Dan sedalam makna kukiaskan kata
Serta merta seluruh ego yang mengangkasa

Di wujudmu kitalah yang ternampak nyata
Tatap memampang riuh membalada

Jika kau tanya perihal ini suratan
Siapkan saja sekantong duka biar >>...

10

Daftar Puisi Cinta Terbaik

Jika dalam 323 daftar ini tidak memuaskan kalian, silahkan telusuri kumpulan Contoh Puisi Bahasa Inggris yang telah kami susun. Jika kalian mencari contoh puisi untuk tugas sekolah atau sebagai referensi tugas kuliah, mungkin daftar Puisi Corona Menyentuh Hati cocok.

Sebagai wujud apresiasi kami terhadap para kontributor, setiap kiriman puisi Cinta (termasuk kiriman sdr Gadis Tanah Ganja diatas) tidak kami rubah, sekalipun jika ada typo. Hal ini guna menjaga originalitas karya, selain itu kami juga memberi kebebasan pembaca untuk menilai. Kami mengajak para pembaca juga ikut mengapresiasi dengan memberikan fitur rating, ada 10 bintang pada masing-masing karya (silahkan cek di "NO WAY" diatas). Ini bertujuan untuk menentukan peringkat pada kategori puisi Cinta terbaik.

Makna Kata Cinta Buat Penulis

Pemaknaan atau intepretasi pada sebuah literatur sangat penting, misal karya berjudul "NO WAY" yang telah disusun rapi hingga jadi Puisi 7 Bait oleh Gadis Tanah Ganja mampu membuat kami mengerti apa arti kata Cinta baginya. Sehingga pesan sesungguhnya dari sebuah karya tersampaikan dengan baik.

Menurut kami feedback dari pembaca puisi Cinta lain sangat penting, bagi para penulis. Inilah yang mendasari kami untuk mencantumkan kolom komentar sebagai sarana para pembaca memberikan saran atau pemahaman yang membangun. Kritik dan saran itu penting, sepanjang disampaikan dengan cara yang baik dan sopan. Diniatkan untuk memberi masukan guna perkembangan kontributor sendiri.

Puisi Tentang Cinta menampung sebanyak-banyaknya tulisan. Memberi kesempatan para penulis berbakat diluar sana untuk bergabung dan berkembang bersama pembaca PuisiPendek.Net.

Cinta Rasa Permen Kaki

di setangkai rasa,
rindu terselip merah muda

manis, asam warna menggoda kepekaan indra
semanis-manisnya sapa menggoda celoteh burung sepasang dara

ah, tak habis pikir
jari kaki pun berasa manis kala bosan membelungsing >>...

6

Kau Yang Tak Bercelah

Seolah bersebab
Kita meritme sedalam gendang rasa

Nada-nada selaras jadi
Memetik tiap-tiap senar rindu senandung gelora pecinta

Oh ….
Kau yang membirama sebagai nyawa dalam pelaminan asmaraku
Romansamu hanguskan rembulan di ufuk >>...

9

Bait Bait Rindu

Kurindu
Pada sajakmu
Aksaramu hipnotis jiwaku
Berkelana arungi dunia hayalku

Kurindu
Surat kecilmu
Bagaikan semanggi empat
Menjagaku hingga malam berganti

Kurindu
Suara paraumu
Tiap pagi menyapaku
Sehangat mentari menyetubuhi embun

Kurindu
Setiap doamu
>...

6

Balon Balon Lope

Senyummu semakin mengutuk rindu
Balon-balon lopeku pecah mengangkasa
Mekarkan sakura merah muda di langit senja
Satu satu surat cintaku mulai terbuka
Di langit sana, pada reranting sakura ia terbaca

Biarkan saja >>...

9

Aku,Dia dan Airmata

ku sangka cerah hingga ke petang
hujan renyai di siang hari
ibarat hati ku yang yak pernah tenang
walau kebahagiaan di depan mata

Aku menangis
seakan ingin menjerit
agar seisi dunia >>...

8

Puisi Cinta Pilihan

Ke-323 yang kami publikasikan sudah melalui tahapan pemilihan, dari sekian banyak karya yang masuk. Kami berharap para penulis lebih semangat dalam berkreatifitas seputar tema Cinta, Bahasa Inggris, Corona atau tema yang lain. Bukan untuk kami, tapi untuk kalian (para penulis) sendiri. Kami tidak berharap semua karya puisi Cinta kalian bakal dikirimkan disini, karena kami sadar bahwa kami hanya mampu memberi fasilitas bukan reward.

Oleh karena itu perlu kami sampaikan terima kasih sedalam-dalamnya untuk para penulis termasuk saudara Andrei DeaRy, yang telah mengirimkan karya dan bersedia disejajarkan dengan puisi Cinta pilihan lain. Kami telah sebutkan bahwa kami tidak bisa memberi royalti apapun. Karena persetujuan tidak tertulis tersebut disitus kami, maka Puisi 3 Bait berjudul "Aku,Dia dan Airmata" bisa kami publikasikan. Bukan karena kami tidak mau atau tidak menghargai, melainkan karena kami memang belum mampu terutama dari segi finansial. Semua alokasi dana iklan adalah untuk membuat website ini terus berjalan, bahkan kami sering tidak mendapat upah apapun dari waktu dan tenaga yang kita berikan.

Karya Puisi Tentang Cinta

Memberi adalah hal yang baik bagi kita, karena memang jauh lebih mulia dari meminta. Termasuk juga dalam bentuk puisi Tentang Cinta ini. Sebagian dari kita mungkin bertanya-tanya, kenapa sih memberi berupa puisi? Karena melalui puisi yang dibikin dari hati, baik itu tentang Bahasa Inggris, Corona atau yang lain, nyampainya di hati pula. Seperti sajak Cinta berjudul "Aku,Dia dan Airmata" diatas, yang menurut kami cukup memberi kesan, pesan yang disampaikan oleh Andrei DeaRy pada siapa saja yang membaca. Kesan inilah yang diharapkan mampu menggugah perasaan terdalam dan makna dibalik puisi Cinta para pembaca.

Hati

Tidak kusangka hujan di tengah hati
Habislah jemuran kain dan padi
Tidak ku sangka ia berputar hati
Tinggal aku seorang diri
Kain siapa terletak di pantai
Hati siapa dapat mendendam >>...

8

Secawan Candu

Rasanya tlah lelah sayap-sayap ini terbang mencari pintu ke hatimu
Kau selalu berbalik dan menjadi bayangan semu

Selebihnya aku meniduri angan di tepian telaga rindu
Derunya selalu membuatku mabuk tanpa tahu >>...

9

Sajak Edelweis

Kenalilah aku perlahan …
Dimana sajakku terdiam
Seharusnya kau lebih paham

Mendekatlah ….
Tiliklah kelam pupil mataku
Tiada kebohongan jika itu tentangmu

Karena aku adalah Edelweis
Tumbuh mekar di hatimu yang gersang

Aceh, >>...

7

Cintaku bernama Nastri

Oohh, cintaku Nastriii,,
Ketika hati ini kau curiii,,
Oleh senyummu berserii,,
Sulit raga ini menghindarii,,
Meskipun jarak seujung jarii,,
Hanya terpakuku seorang dirii,,
Sulit ku untuk berusaha berlariii,,
Mengerang sakit >>...

5

Ambivalen antara Aku, Kamu, Dan Tuhan

Malam ini padikaku untuk Tuhan
Aku ingin bercerita tentang benduan
Sambil memikirkan ketidak mungkinan
Sesuatu yg seharusnya sudah diperkirakan

Mungkinkah ada kanigara untuk kami berdua?
Kami memiliki dama dan sudah >>...

10

Puisi Untuk Cinta

Cinta telah memberi kita warna dalam hidup. Sehingga sudah selayaknya bagi kita untuk menggali esensi dari keberadaannya. Salah satu penulis yang mampu adalah Rizqa Maulia Rahmawati , dia mampu mengemas dalam rangkaian bait dan diksi. Kedalaman makna yang ada di dalam puisi Cinta berjudul "Ambivalen antara Aku, Kamu, Dan Tuhan" mampu memberi pesan pembaca untuk hubungannya dengan Cinta.

Mungkin akan mudah membuat esai untuk menggambarkan tema ini, namun jika sampai pada bentuk puisi Cinta, kalian akan menghadapi banyak tantangan. Kalau bisa kami jabarkan, tantangan membuat Puisi untuk Cinta adalah, meringkas semua menjadi beberapa kalimat saja, mencari kiasan yang cocok, memilih diksi yang tepat, menyusunnya agar mudah dipahami pembaca, dan lain sebagainya.

Diksi Seputar Kata Cinta

Puisi Pendek berisi juga kumpulan puisi Cinta singkat, ada juga tentang Bahasa Inggris, puisi untuk Corona, dll, yang lekat dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya adalah 3 Bait Puisi berjudul "Ambivalen antara Aku, Kamu, Dan Tuhan", makna didalamnya mungkin sama dengan apa yang kita rasakan. Namun demikian bukan berarti mudah untuk membuatnya, dibutuhkan kejelian memilih dan memilah diksi, seperti dicontohkan oleh saudara Rizqa Maulia Rahmawati .

Bait pendek dan singkat jadi tantangan tersendiri dalam membuat sebuah karya, dibutuhkan imajinasi. Namun seringkali imajinasi terjebak dalam diksi dan abstrak untuk dituliskan secara singkat. 323 Puisi Cinta yang kami berikan diharap mampu menjadi pendorong lahirnya sastrawan. Pujangga dan penyair-penyair baru yang mewarnai kekayaan dunia seni serta mampu memberi inspirasi. Melalui sajak dan bait.

Hari Terbaik untuk Hujan

Seperti mimpi
Saat rintikmu hinggapi pipi, menerpa pori
Bawa aku dalam sebuah elegi
Cerita tentang aku dan kamu saat menjadi kami

Diksiku mungkin hanya fiksi
Namun rasa di hati
Bergeming, melengking >>...

8

Ungkapan Hati

Bila kau tanyakan letak rindu
Jawabannya jelas tak tentu
Dia tak mau tau
Mambelaimu tak kenal waktu
Kapan akan hadir disetiap temu

Jujurnya
Dia titipkan pesan
Menuju engkau,
Rengkuh paling ingin >>...

9

AKU TAK INGIN LAGI MENYIMPAN KESAKITAN ITU

Kutulis kesedihan demi kesedihan
kutampal pada bingkai kepedihan
kusimpan dalam peti kelukaan
namun ketuhar kesakitan memanggang
kepingan memori
panasnya membahang sekepal hati
melecet keruping lalu berdarah kembali
gurisan calar berbekas >>...

0

MAGISNYA CINTA

Di sini inginku ceritakan pada semua
cinta tak sekecil dan semurah kata-kata
kita bisa saja jatuh cinta
pada siapa-siapa saja
dan pada apa yang kita suka ,

Rindu pada merdu suara
>...

8