Puisi Cinta kumpulan sajak kiriman netizen, update tiap hari.
Anda bisa simak, bacain, voting, komen atau download sebagai gambar story/status. Lihat Daftar Puisi.

Kirim Puisi Sekarang
MENU

370 Puisi Cinta Sejati Penuh Makna Meski Dalam Diam

Puisi Cinta Romantis merupakan kumpulan karya singkat tentang cinta, berbagai contoh karya bisa kamu temukan disini.
Cinta sejati itu laksana aroma terapi yang membuat suasana hati sedemikian mengagumi. Kata kata mutiara cinta Membuat suasana hati menjadi rindu, yang membuat suasana hati menjadi sedemikian cemburu. Namun ada kalanya aroma ini menjadi alergi. Alergi untuk segala suka cita dan gembira, merubahnya menjadi kesedihan dan derita. Puisi tentang cinta selalu menjadi ornamen siapapun yang sedang jatuh cinta.

Pesan cintanya menggetarkan ia yang dimabuk asmara, bahkan hanya bila berisi beberapa kata saja. Rangkaian bait-bait Cintamu yang selalu terbang bersama imaji membentuk bait-bait puisi. Cintaku yang makin berkobar diatas secarik kertas membentuk puisi. 370 Puisi Cinta Sejati Penuh Makna Meski Dalam Diam

Cinta sejati akan selalu ada diantara ketulusan dan keikhlasan hati.
Itulah secuil prosa tentang cinta, walaupun tema yang diangkat seputar cinta tidak selalu menyenangkan seperti jatuh cinta.

Gambar Kutipan Puisi Cinta

Puisi Cinta

Puisi Cinta bergambar diatas berjudul Anastasia karya G. Muliaari

Dengan prosa tersebut mudah-mudahan akan menjadi inspirasi dalam berpuisi. Seperti puisi jarak jauh, cinta terlarang, perpisahan.
Variasi lain dari tema ini adalah cinta yang tak harus memiliki, cinta tak terbalas, sahabat jadi cinta, cinta beda agama dan sebagainya.

Jika keadaan itu tak membuatmu terinspirasi membuat puisi, ciptakan dulu suasana melow dengan puisi galau

Karya-karya kahlil gibran menjadi bacaan wajib untuk menambah wawasan bagaimana mengemas sebuah puisi tentang cinta.
Selain tidak terlalu galau, ia mampu memberikan sedikit warna abstrak didalamnya.

Literatur wajib dalam percintaan baik itu jatuh cinta atau patah hati adalah Puisi cinta. Saling berkirim salam sayang melalui sosial media pun dilakukan, salam yang disampaikan lewat kata puitis.

Tanpa itu kisah cinta serasa hambar, tak ada rasa berbunga-bunga.
Dalam hati seorang penyair, cinta bagaikan api yang menyala, sehingga wajib untuk dijaga.

Menulis Puisi Cinta

Melalui kata-kata cinta saja api itu mampu menjadi api yang hangat. Kiasan-kiasan yang bisa membuat mata berkaca-kaca.
Pola penulisan diksi yang dipilih haruslah bervariasi, harus kaya, tidak seperti kalimat yang berputar-putar.

Kelugasan yang lembut, yang mampu menembus hati orang yang dicintai.

Diksi yang kaya dalam puisi cinta menjadi kerangka yang baik, Karena Puisi tentang cinta menggambarkan perasaan. Sebaliknya bila kurang variasi bakal sia-sia. Menulis puisi tentang cinta adalah upaya untuk mencari tahu apa yang telah diperjuangkan manusia selama ribuan tahun. Mencoba menemukan diksi-diksi yang tepat untuk menggambarkan perasaan yang tak terlukiskan, untuk mendamaikan kata di kepalamu dengan emosi di hati.

Pertama-tama, kamu harus menemukan seseorang untuk menulis puisi itu, yang merupakan tantangan tersendiri. Setelah mencapai prestasi yang menakutkan itu, kamu harus memikirkan bagaimana perasaanmu tentang orang itu. Seberapa dekat kalian berdua? Sudah berapa lama kalian bersama? siapkah untuk menulis puisi untuk pacar tersayang? Apa doi siap menerimanya? Benarkah kamu menyukainya atau mencintainya?

Ini semua tergantung pada siapa kamu, siapa orang itu, dan sifat hubunganmu. Mungkin merupakan bagian termudah dari keseluruhan proses, tergantung pada seberapa dekat kamu dengan perasaanmu.

Untuk larut dalam perasaan mereka yang menulis puisi tentang rindu mungkin tahu.

Setelah kamu mengetahui perasaanmu tentang orang ini, kamu perlu memutuskan bagaimana kau ingin perasaan itu muncul dalam puisi. Seserius apa kamu menginginkannya? Apa kau ingin membuatnya tertawa atau menangis? Mungkin keduanya? Seberapa sehat atau sensual puisi itu? Apakah kau ingin mencurahkan segenap hati dan jiwamu kepada orang ini?

Lalu, ada masalah tradisi puitis. Kita memiliki ribuan tahun puisi cinta yang ditulis bahkan sebelum kita belajar memegang pena. Disamping itu, juga dikelilingi dan dipengaruhi oleh kisah cinta selama bertahun-tahun, belum lagi karya seni dan lagu dari generasi ke generasi.

Ditambah lagi, ada pengaruh cinta kehidupan nyata yang pernah kau lihat di sekitarmu dalam bentuk anggota keluarga, teman, kenalan, bahkan orang asing.

Susun Tiap Baris Sesuai Perasaan

Bisakah puisimu akan berinteraksi dengan semua preseden ini? Akankah kamu membangunnya? Apakah akan meminjam darinya?

“Selalu waspada terhadap apa yang dapat kau curi.” Maukah kamua mencuri dari penulis hebat di masa lalu dan sekarang? Atau apakah kau akan mengubah konvensi dan preseden yang telah dia tetapkan? Atau mungkin kamu akan menolaknya sepenuhnya?

Untuk itu kumpulan puisi romantis buat pacar punya jurusnya

Kamu juga harus mempertimbangkan tradisi puitismu sendiri, jika kamu pernah menulis puisi sebelumnya. Apakah kamu ingin puisi ini seperti puisi lain yang kamu tulis? Atau ingin mencoba sesuatu yang berbeda? Pernahkah menulis puisi untuk orang ini sebelumnya? Apa yang pacarmu harapkan untuk kau tulis? Apakah kamu akan bekerja sesuai harapan itu, atau akankah menggoyahkannya dan memberinya sesuatu yang baru?

Hal penting lainnya yang perlu diingat adalah puisi tentang cinta itu dimaksudkan untuk dipahami. Bagaimanapun, itu adalah hadiah untuk seseorang. Ketika kau menulis puisi cinta untuk seseorang, dia harus bisa memahaminya, jika tidak, makna dan dampaknya akan hilang.

Jika seseorang bingung dengan puisi tentang cinta yang kamu tulis untuk pacar, kamu tidak bisa begitu saja memberikannya. Karena doi mungkin saja membuang puisi itu ke tempat sampah dan menghapus nomor teleponmu dari daftar kontaknya.

Terbayang kan bagaimana sedihnya ? sesedih para penyair puisi sedih mungkin.

Hal itu bukan untuk mengatakan bahwa puisi cintamu tidak boleh dalam atau kompleks, tetapi tidak bisa begitu dalam dan kompleks sehingga pembaca tidak dapat memahaminya.

Ini adalah pertanyaan yang hanya bisa kamu jawab. Doi bergantung sepenuhnya padamu dan hubunganmu. Pada akhirnya, ada alasan mengapa orang telah menulis puisi untuk orang yang ia cintai selama ribuan tahun; puisi adalah salah satu cara terbaik dan paling bermakna untuk mengungkapkan perasaanmu kepada orang lain.

Kata cinta dalam puisi

Ketika kau memberikan puisi cinta kepada seseorang, kamu mengatakan kepadanya, “Aku sangat mencintaimu, aku telah menempatkan diriku berjajar bersama para penyair. Aku telah menciptakan kata-kata dari apa yang aku rasakan untukmu di hatiku. ”

Tidak mampu menembus hati, alih-alih malah mengerutkan dahi, dan yang paling buruk adalah merasa malu membacanya.

Kumpulan Puisi Cinta Hingga 2021

Buat kamu yang bingung beli pulsa di mana, kini tinggal tanya virtual asisten Veronika dan ikuti petunjuknya.

Diksi

jangan terkecoh diksiku, kasih
itu seperti racun candu yang kaunikmati
dengan segelas kopi

cobalah amati
setiap hisapan inti
mengepulkan asap arti
meleburkan diri

kembali ke sejati.

Agustus 2020

9

Mabuk cinta

Candu aku pada bibirmu
Gila aku pada aromamu
Batari, itulah dirimu
Nirmala menggambarkanmu
Cendayam parasmu
Candu aku mencintaimu
Bayangmu saja membuatku gila
Bertekuk lutut aku dihadapanmu adinda
Kan aku lukis >>...

8

Ruang hampa

Hanya dengan tatapan mata
Dan gaya bicara
Yang lambat laun berubah menjadi rasa
Rasa yang memenuhi ruang hampa
Sebuah ruang yang tak pernah dibayangkan manusia
Sebuah ruangan berdebu
Yang hanya >>...

10

Kerinduan

Hari hari menjelang dingin yang sangat
Kabari Dia agar hari hari mu tetap hangat

Meski tak banyak bicara
Cukup bilas dengan percaya
Sembari berdo’a

Oh tuhan
Malam hari berselimut kerinduan
Indahkan hari >>...

10

Sabda angin

Sabda angin melirih rindu
Pada daun-daun jatuh di musim gugur
Nampak setapak jejak yang hilang
Di rimba terdalam tak bisa pulang

Aku menyatu kedalam temaram
Dalam bentuk rasa pemecah malam
Menebas >>...

10

Daftar Puisi Cinta Terbaik

Jika dalam 370 daftar ini tidak memuaskan kalian, silahkan telusuri kumpulan Contoh Puisi Bahasa Inggris yang telah kami susun. Jika kalian mencari contoh puisi untuk tugas sekolah atau sebagai referensi tugas kuliah, mungkin daftar Puisi Corona Menyentuh Hati cocok.

Sebagai wujud apresiasi kami terhadap para kontributor, setiap kiriman (termasuk kiriman sdr Fiqryghifary diatas) tidak kami rubah, sekalipun jika ada typo. Hal ini guna menjaga originalitas karya, selain itu kami juga memberi kebebasan pembaca untuk menilai. Kami mengajak para pembaca juga ikut mengapresiasi dengan memberikan fitur rating, ada 10 bintang pada masing-masing karya (silahkan cek di "Sabda angin" diatas). Ini bertujuan untuk menentukan peringkat pada kategori puisi Cinta terbaik.

Makna Kata Cinta Buat Penulis

Pemaknaan atau intepretasi pada sebuah literatur sangat penting, misal karya berjudul "Sabda angin" yang telah disusun rapi hingga jadi Puisi 5 Bait oleh Fiqryghifary mampu membuat kami mengerti apa arti kata Cinta baginya. Sehingga pesan sesungguhnya dari sebuah karya tersampaikan dengan baik.

Menurut kami feedback dari pembaca lain sangat penting, bagi para penulis. Inilah yang mendasari kami untuk mencantumkan kolom komentar sebagai sarana para pembaca memberikan saran atau pemahaman yang membangun. Kritik dan saran itu penting, sepanjang disampaikan dengan cara yang baik dan sopan. Diniatkan untuk memberi masukan guna perkembangan kontributor sendiri, lebih-lebih bagi kami agar dapat meningkatkan mutu website.

Puisi Tentang Cinta menampung sebanyak-banyaknya tulisan. Memberi kesempatan para penulis berbakat diluar sana untuk bergabung dan berkembang bersama pembaca PuisiPendek.Net.

Bulan Purnamaku

Bolehkah aku bertanya?
Pada bulan purnama yg merona?
Ada apa denganmu?
Kau sambut rinduku dengan sembilu
Memandangku pun tak mampu
Beranjak perlahan meninggalkan
Dihari kebangsaan kau buat aku nelangsa,
Buatku >>...

0

Menunggumu

Bersama langit mendung aku bersua
Menanti lembar aksara darinya
Tinta-tinta rasaku pun sudah kering
Jari jemariku pun sudah lelah
Menulis lembar aksara asmara
Lembar aksara asmara yang tak pernah berbalas
>...

5

Ghosted

The ghosts above is trying to tell me
About what I did this afternoon
With all the memories that has resided
And everything written in between

Regret that already there
The >>...

5

Terima Kasih

Sekarang sudah saatnya
Untuk menyampaikan untaian cerita
Yang telah kurangkai
Saat hati telah berdamai
Banyak yang ingin kusampaikan
Dan juga cerita yang ingin kubagikan
Terima kasih kau telah hadir dan >>...

9

Terlanjur Basah

Aku dan kamu sempat menjadi “kita”
Pada waktu yang sementara
Bahkan belum ada kata pisah
Belum tersampaikan kasih dan kisah
Pisau cinta tumpul, tak diasah
Kamu pergi : aku terlanjur >>...

6

Puisi Cinta Pilihan

Ke-370 yang kami publikasikan sudah melalui tahapan pemilihan, dari sekian banyak karya yang masuk. Kami berharap para penulis lebih semangat dalam berkreatifitas seputar tema Cinta, Bahasa Inggris, Corona atau tema yang lain. Bukan untuk kami, tapi untuk kalian (para penulis) sendiri. Kami tidak berharap semua karya kalian bakal dikirimkan disini, karena kami sadar bahwa kami hanya mampu memberi fasilitas bukan reward.

Oleh karena itu perlu kami sampaikan terima kasih sedalam-dalamnya untuk para penulis termasuk saudara Pramita Widya , yang telah mengirimkan karya dan bersedia disejajarkan dengan puisi Cinta pilihan lain. Kami telah sebutkan bahwa kami tidak bisa memberi royalti apapun. Karena persetujuan tidak tertulis tersebut disitus kami, maka Puisi 2 Bait berjudul "Terlanjur Basah" bisa kami publikasikan. Bukan karena kami tidak mau atau tidak menghargai, melainkan karena kami memang belum mampu terutama dari segi finansial. Semua alokasi dana iklan adalah untuk membuat website ini terus berjalan, bahkan kami sering tidak mendapat upah apapun dari waktu dan tenaga yang kita berikan.

Karya Puisi Tentang Cinta

Memberi adalah hal yang baik bagi kita, karena memang jauh lebih mulia dari meminta. Termasuk juga dalam bentuk puisi Tentang Cinta ini. Sebagian dari kita mungkin bertanya-tanya, kenapa sih memberi berupa puisi? Karena melalui puisi yang dibikin dari hati, baik itu tentang Bahasa Inggris, Corona atau yang lain, nyampainya di hati pula. Seperti sajak Cinta berjudul "Terlanjur Basah" diatas, yang menurut kami cukup memberi kesan, pesan yang disampaikan oleh Pramita Widya pada siapa saja yang membaca. Kesan inilah yang diharapkan mampu menggugah perasaan terdalam dan makna dibalik puisi Tentang Cinta para pembaca.

Veronika

Veronika, keindahan senja
Merah merona basuh semua luka
Menari ragamu dalam ingatanku
Meronta hati suci yang terberkahi

Veronika, pernah jadi bejana
Seluruh ceria dan tanya
Bersama bunga-bunga dan kupu-kupu
Taburan bintang >>...

10

Siapa Yang Salah?

Aku termangu dalam serpih-serpih hari yang tak pasti
Duka ini dari siapa?
Kesepian ini datang dari mana?
Luka ini … siapa penyebabnya?

Saat ku tatap nabastala
Hanya ada nestapa di sana
>...

9

Benih

Selepas sepasang beradu cinta diantara kebahagiannya
Disuatu sisi ada yang terbunuh kecewa
Ia tersenyum sebelum menangis
Bersejadah kulit lembut calon ibunya
Ia memohon dihadapan kuasa Tuhannya
Sejatinya Ia fitrah yang >>...

10

Dear Lady

Dear Lady
who wants to fall in love

stand up…

let them see
The crown of grace that you wear
The loyalty shawl that you sling

light up their faces
own by who >>...

0

Selamat pagi jiwa jiwa yang sunyi

Selamat pagi jiwa-jiwa yang sunyi
Yang menanti tidak pasti
Yang tersungkur hampir mati
Yang pura-pura tersenyum dan bernyayi

Bangunlah..

Kali ini matahari mengajarkan bahwa
Dia bisa lebih hangat dan ramah
Daripada rindu >>...

0

Puisi Untuk Cinta

Cinta telah memberi kita warna dalam hidup. Sehingga sudah selayaknya bagi kita untuk menggali esensi dari keberadaannya. Salah satu penulis yang mampu adalah Fiqryghifary, dia mampu mengemas dalam rangkaian bait dan diksi. Kedalaman makna yang ada di dalam judul "Selamat pagi jiwa jiwa yang sunyi" mampu memberi pesan pembaca untuk hubungannya dengan Cinta.

Mungkin akan mudah membuat esai untuk menggambarkan tema ini, namun jika sampai pada bentuk puisi Cinta, kalian akan menghadapi banyak tantangan. Kalau bisa kami jabarkan, tantangan membuat Puisi untuk Cinta adalah, meringkas semua menjadi beberapa kalimat saja, mencari kiasan yang cocok, memilih diksi yang tepat, menyusunnya agar mudah dipahami pembaca, dan lain sebagainya.

Diksi Seputar Kata Cinta

Puisi Pendek berisi juga kumpulan puisi Cinta singkat, ada juga tentang Bahasa Inggris, puisi untuk Corona, dll, yang lekat dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya adalah 3 Bait Puisi berjudul "Selamat pagi jiwa jiwa yang sunyi", makna didalamnya mungkin sama dengan apa yang kita rasakan. Namun demikian bukan berarti mudah untuk membuatnya, dibutuhkan kejelian memilih dan memilah diksi, seperti dicontohkan oleh saudara Fiqryghifary.

Bait pendek dan singkat jadi tantangan tersendiri dalam membuat sebuah karya, dibutuhkan imajinasi. Namun seringkali imajinasi terjebak dalam diksi dan abstrak untuk dituliskan secara singkat. 370 Puisi Cinta yang kami berikan diharap mampu menjadi pendorong lahirnya sastrawan. Pujangga dan penyair-penyair baru yang mewarnai kekayaan dunia seni serta mampu memberi inspirasi. Melalui sajak dan bait.

Sakit

Sudahlah,

Menyerah saja,
Perih itu takkan lama

Mungkin kau akan hilang selera
Atau serupa zombie
Yang hanya bergerak
dengan otak yang tergeletak

Hidup akan berjalan
padamu atau padanya
Dengan atau tanpamu
Bersamanya atau >>...

7

Pilu Membiru

Ada yang lebih biru selain pilu
Di hari rabu semua sendu
Kembali kelabu..

Pandangan sayu menatap api
Yang perlahan mati
Seakan rasa itu masih sakti
Dan segala hal yang menanti
Kita >>...

10

Kulihat Kurasa Kudengar

Pantai ini telah sunyi

Tinggallah kududuk sendiri

Menatap lautan di garis pantai

Ombak kecil bergantian menggapai kaki

Meninggalkan buih di sela jemari

Disini tulisan” itu kemudian terhapus

Tersapu terbawa ombak dalam arus

Bahkan beberapa kata lenyap

Dipelukan samudera >>...

10

Rindu Ini

Kian hari kian tersedu
Akibat cinta yag telah layu
Kemudian kudapati diri ini sedang merindu
Pada hati yang dulu bersama ku…

Rinduuu…rinduu…rinduuu…
Sesekali kulihat diri mu dalam igauan ku…dalam angan ku
>...

3