Untuk melihat gambar, silahkan pilih judul Puisi Horor dibawah. Atau ke Daftar Isi.
Kirim Puisi Sekarang

6 Puisi Horor Menyeramkan dan Menakutkan

Puisi Horor adalah sajak-sajak yang cenderung menyeramkan. Syair-syair kelam yang mungkin membuat merinding. Mungkin akan menakutkan bagi sebagian orang, karena naskah didalamnya mempunyai teks yang gelap. Namun, apapun itu, ini hanya sekedar hasil karya, sebuah kreatifitas dari jalur misteri.

Puisi Horor Bergambar

Puisi Horor

Puisi Horor bergambar diatas berjudul HITAM karya DWIKA MUHAMMAD P

Unsur mistik dalam sebuah karya tulis bukanlah hal baru, ada banyak cerita horor yang dibumbui syair seram sebuah puisi. Sebagai contoh adalah puisi horor yang paling populer, yaitu Gloomy Sunday yang kemudian dipopulerkan melalui lagu oleh Billie Holiday.

Puisi “Sabtu Sedih” (“Szomorú vasárnap” dalam bahasa indonesia) merupakan karya Laszlo Javor, seorang penyair keturunan Hungaria. Puisi yang menceritakan tentang keinginan bunuh diri setelah sang kekasih meninggal. Meski itu hanya karangan Laszlo, banyak kabar menyebutkan bahwa tak lama setelah membuat puisi itu, ia pun bunuh diri. Namun mungkin itu semua tidak benar, hanya bumbu-bumbu yang dibuat orang agar puisi itu laku dipasar, maklum jaman segitu buku masih mahal-mahalnya.

Contoh yang lain lagi adalah sebuah lirik yang berasal dari puisi, berjudul lingsir wengi. Nah yang ini memang populer dikalangan penggemar horor, tapi tahu kah kalian sejak kapan dikaitkan horor ? dan siapa sebenarnya penulis puisi itu ?

Lingsir wengi menjadi lekat dengan horor karena sebuah film indonesia yang berjudul kuntilanak. Pada sebuah adegan, ada lantunan sinden dengan puisi itu untuk memanggil setan kuntilanak.

Lirik yang ada dalam film horor tersebut ternyata sedikit diubah untuk menambah kesan mistis. Syair aslinya merupakan karya orang yang mulia di indonesia, yaitu Sunan Kalijaga, ya, seorang penyiar islam yang juga penyair handal.

Kumpulan Puisi Horor Hingga 2020

Dari tahun ketahun kegemaran orang membaca semakin berkurang. Jangankan kok baca puisi Horor dengan kata-kata kiasan. Membaca buku saku saja semakin berkurang. Walaupun ini dipengaruhi banyak faktor, tetap saja merupakan kemunduran. Oleh karena itu, kami berusaha untuk memberikan fasilitas melalui jalur penulisan puisi.

Kami telah menyusun kumpulan karya puisi Horor yang merupakan kiriman para kontributor hingga tahun 2020.

Jika

Jika aku tertidur dalam lelap
Biarkan saja
Jangan bangunkan
Karena hanya itu penghiburku

Jika aku bermimpi tentang kamu
Biarkan saja
Jangan sadarkan
Karena hanya itu pengobat rinduku

Jika nafasku terhenti dalam tidur
Biarkan saja
Jangan berduka
Karena (mungkin) hanya itu caraku jumpa denganmu

0

Gloomy Sunday

Hungary Version

“Szomorú Vasárnap száz fehér virággal,
Vártalak, kedvesem, templomi imával,
Álmokat kergető vasárnap délelőtt,
Bánatom hintaja nélküled visszajött.
Azóta szomorú mindig a vasárnap,
Könny csak az italom, kenyerem a bánat…
Szomorú vasárnap.
Utolsó vasárnap, kedvesem, gyere el;
Pap is lesz, koporsó, ravatal, gyászlepel,
Akkor is virág vár, virág és – koporsó,
Virágos fák alatt utam >>...

0

Lingsir Wengi

Lingsir wengi
Sepi durung biso nendro
Kagodho mring wewayang
Kang ngreridhu ati
Kawitane
Mung sembrono njur kulino
Ra ngiro yen bakal nuwuhke tresno
Nanging duh tibane aku dewe kang nemahi
Nandang bronto
Kadung loro
Sambat-sambat sopo
Rino wengi
Sing tak puji ojo lali
Janjine mugo biso tak ugemi

Terjemahan :

Menjelang Tengah Malam
saat menjelang tengah malam
>...

0

Lingsir Wengi (Versi Film)

Lingsir wengi sliramu tumeking sirno
Ojo Tangi nggonmu guling
awas jo ngetoro
aku lagi bang wingo wingo
jin setan kang tak utusi
jin setan kang tak utusi
dadyo sebarang
Wojo lelayu sebet

Terjemahan :

Menjelang malam, dirimu(bayangmu) mulai sirna
Jangan terbangun dari tidurmu
Awas, jangan terlihat (memperlihatkan diri)
Aku sedang gelisah,
Jin setan ku perintahkan
Jadilah apapun >>...

0

Serpihan Masa

Kulihat nirwana bertudung duka
Mendung menutupi bintang bintang kejora
Dingin lembab ngilukan tulang tua
Murung suasana pun ikut berbelasungkawa

Aku turut berduka cita jiwaku
Keranda itu telah memasungmu
Berbalut kaffan tua atas nama cinta
Sampaikan do’a sekalipun ke liang asmara

Aku akan menunggui nisanmu
Menaburi bunga-bunga hikmah surga
Daripadanya akan tumbuh rerumputan
Yang indahkan tiap jengkal kehidupan

26 >>...

8

Daftar Puisi Horor Terbaik

Jika dalam 6 daftar ini tidak memuaskan kalian, silahkan telusuri kumpulan Puisi Guru yang telah kami susun. Jika kalian mencari contoh puisi untuk tugas sekolah atau sebagai referensi tugas kuliah, mungkin daftar Puisi Ibu cocok.

Sebagai wujud apresiasi kami terhadap para kontributor, setiap kiriman puisi Horor (termasuk puisi karya PencilSpirit diatas) akan kami rapikan, termasuk jika ada typo. Hal ini guna menjaga kredibilitas karya, selain itu kami juga memberi kebebasan pembaca untuk menilai. Kami mengajak para pembaca juga ikut mengapresiasi dengan memberikan nilai pada fitur rating, ada 10 bintang pada masing-masing karya (silahkan cek di "Serpihan Masa" diatas). Ini bertujuan untuk menentukan peringkat pada kategori puisi Horor terbaik.

Pemaknaan Puisi Horor Dari Kontributor

Pemaknaan atau intepretasi pada sebuah literatur sangat penting, misal karya berjudul "Serpihan Masa" yang telah disusun rapi hingga jadi Puisi 4 Bait oleh PencilSpirit mampu membuat kami mengerti apa arti Horor baginya. Sehingga pesan sesungguhnya dari sebuah karya tersampaikan dengan baik.

Menurut kami feedback dari pembaca puisi Horor lain sangat penting, bagi para penulis. Inilah yang mendasari kami untuk mencantumkan kolom komentar sebagai sarana para pembaca memberikan saran atau pemahaman yang membangun. Kritik dan saran itu penting, sepanjang disampaikan dengan cara yang baik dan sopan. Diniatkan untuk memberikan pendapat guna perkembangan dunia sastra indonesia.

Puisi Horor menampung sebanyak-banyaknya tulisan. Memberi kesempatan para penulis berbakat diluar sana untuk bergabung dan berkembang bersama pembaca PuisiPendek.Net.

Penggolongan Puisi Horor diatas bukan kami yang melakukan, melainkan pilihan para penulis sendiri. Sehingga bila pada kategori selanjutnya yaitu Puisi Ibu kalian (para pembaca) menemukan beberapa puisi yang tidak cocok, maka hal ini diluar kuasa kami.

Bagaimana hal ini bisa terjadi ? Ini lantaran pada form pengiriman puisi, para penulis bisa memilih beberapa kategori. Jadi apabila penulis sudah memilih Puisi Guru ini sebagai kategori, masih bisa memilih yang lain meski sedikit berhubungan.