MENU

22 Puisi Ulang Tahun Untuk Ucapan Selamat Menyentuh Hati

Puisi Ulang Tahun untuk orang yang spesial. Berbagai kumpulan karya yang bisa menjadi kartu ucapan untuk pacar, ayah, ibu atau bahkan sahabat. Contoh ucapan ulang tahun untuk merayakan hari istimewa kekasih, kakak, adik, anak, ibu atau ayah, bahkan untuk sahabat. Usia yang bertambah memang pantas menjadi hari yang spesial. Karena dihari itu, kita telah diberi kesempatan untuk menjalani satu tahun lagi kehidupan.

Kumpulan Puisi Ulang Tahun Hingga 2021

Dari tahun ketahun kegemaran orang membaca semakin berkurang. Jangankan kok menulis puisi untuk Ulang Tahun dengan kata-kata kiasan. Membaca buku saku saja semakin berkurang. Walaupun ini dipengaruhi banyak faktor, tetap saja merupakan kemunduran. Oleh karena itu, kami berusaha untuk memberikan fasilitas melalui jalur penulisan puisi.

Kami telah menyusun kumpulan karya puisi tentang Ulang Tahun yang merupakan kiriman para kontributor hingga tahun 2021.

Gambar Quote Puisi Ulang Tahun

Puisi Ulang Tahun

Puisi Ulang Tahun bergambar diatas berjudul Pinta Negeri karya abudalta

Selama ribuan tahun manusia telah merumuskan berbagai arti kehidupan tersebut. Kalian bisa simak ratusan diantaranya di kata bijak kehidupan ini, atau puisi tentang kehidupan.

Rasa syukur dan harapan selalu ada pada hari ulang tahun, doa beterbangan layaknya daun dandelion yang ditiup kuat-kuat. Selamat ulang tahun untukmu, semoga semua keinginan terwakili dalam doa untuk melambung bersama usaha dan asa.

Bagi kamu yang sedang berulang tahun, kategori ini mungkin diperuntukkan bagimu. 22 Puisi Ulang Tahun Untuk Ucapan Selamat Menyentuh Hati kiriman dari berbagai penyair dan pembuat puisi membuat harimu juga diperingati oleh mereka. Ucapan selamat melalui puisi selalu unik dan berkesan, karena selain romantis, ucapan ulang tahun melalui puisi membuat betapa berartinya orang tersebut.

Jika merasa canggung untuk menyampaikan puisi, mungkin bisa disamarkan melalui puisi dalam bahasa inggris berikut.

Tips Puisi Ulang Tahun Untuk Kekasih atau Sahabat

Buatlah kesan mendalam melalui puisimu dalam secarik kertas berisi kesan dirinya bagimu. Buat seromantis mungkin jika berisi puisi ulang tahun untuk kekasih. Tidak perlu panjang, cukup pendek, singkat namun jelas menggambarkan cinta yang kalian rasa padanya. Bikin seunik mungkin namun mendalam jika kalian buat ucapan ultah untuk sahabat. Gambarkan arti dirinya bagimu, sedekat apa kalian pada mereka.

Tips Ucapan Selamat Untuk Anak Ibu atau Ayah

Ada yang unik dalam membuat ucapan berbentuk puisi, yaitu jika yang dikirimi adalah keluarga sendiri. Seperti membuat ucapan ulang tahun untuk anak, karena ada dua kemungkinan, anak merasa malu, atau tidak terjadi apa-apa, bahkan ucapan terima kasih pun tidak ada. Ini bukan mereka tak menghargai, namun karena kartu ucapan sangat tidak ada artinya dibanding rasa sayang yang tak terbatas kata, pada tiap lembar hari, darimu untuknya.

Jika demikian, bisa dicoba ambil inspirasi dari puisi tentang anak berikut.

Contoh puisi-puisi Ulang Tahun

Hari Lahir

Selamat menempuh usia baru
Yang kini bertambah satu
Aku aminkan semogamu
Pemilik tanggal di penghujung April

Selamat mengenang hari lahir
Untukmu gadis berambut air
Maaf, terlalu lama ucap
Yah… aku sadar >>...

0

U l a n g T a h u n

Waktu terus melaju
Berpacu dengan usiamu
Yang kini bertambah satu

Selamat ulang tahun
Untukmu gadis berparas awan
Yang membuat hatiku ikut tertawan

Tak >>...

0

Cinta Terbungkus Pita (2)

Ketika pita telah kaubuka
sebingkai cermin kauangkat
bukan itu hadiahnya
aku tak ingin kau bersolek, sayang

aku ingin kau bercermin
lihatlah refleksi yang kauhadapi
itu bayangan seorang ibu
wajah cinta yang sesungguhnya

0

Cinta Terbungkus Pita

Hari lahirmu berulang
perempuan yang kaupanggil ibu
berjibaku dengan hari ini
pada tahun yang telah lalu

dua dasawarsa lebih sewindu
kurang delapan semester lagi,
di usiamu yang 24 tahun kini
aku >>...

10

Jendela Kenangan

Pagi berganti malam
Sejenak ku buka jendela kamar dan ku pandang bintang di luar
Terlarut dalam symphony kenangan masa lalu
Ku tutup kembali jendela
Aku >>...

5

Daftar Puisi Ulang Tahun Terbaik

Jika dalam 8 daftar berikut tidak memuaskan kalian, silahkan telusuri kumpulan Contoh Puisi Senja yang telah kami susun. Jika kalian mencari contoh Puisi 1 Baris untuk tugas sekolah atau sebagai referensi tugas kuliah, mungkin daftar Puisi Alam menyentuh hati cocok.

Sebagai wujud apresiasi kami terhadap para kontributor seperti dalam Puisi 1 Bait 1 Baris, setiap kiriman puisi Ulang Tahun (termasuk kiriman sdr diatas) tidak kami rubah, sekalipun jika ada typo. Hal ini guna menjaga originalitas karya, selain itu kami juga memberi kebebasan pembaca untuk menilai. Kami mengajak para pembaca juga ikut mengapresiasi dengan memberikan fitur rating, ada 10 bintang pada masing-masing karya (silahkan cek di "Jendela Kenangan" diatas). Ini bertujuan untuk menentukan peringkat pada kategori puisi Ulang Tahun terbaik.

Pemaknaan Puisi Ulang Tahun Dari Kontributor

Pemaknaan atau intepretasi pada sebuah literatur sangat penting, misal karya berjudul "Jendela Kenangan" yang telah disusun rapi hingga jadi Puisi 1 Bait oleh mampu membuat kami mengerti apa arti Ulang Tahun baginya. Sehingga pesan sesungguhnya dari sebuah karya tersampaikan dengan baik.

Menurut kami feedback dari pembaca Puisi Ulang Tahun lain sangat penting, bagi para penulis. Inilah yang mendasari kami untuk mencantumkan kolom komentar sebagai sarana para pembaca memberikan saran atau pemahaman yang membangun. Kritik dan saran itu penting, sepanjang disampaikan dengan cara yang baik dan sopan. Diniatkan untuk memberi masukan guna perkembangan kontributor sendiri.

Selamat Ulang Tahun “Mih”

Aku punya puisi,
Yang terkumpul dari tangga nada bahagia,
Terurai udara menjadi sinyal-sinyal suara,
Getaran telinga yang dirangkum rapuhnya jiwa,

Ingin sekali kutuliskan semua cerita,
Keindahan langka baris kata darimu, apaaa >>...

6

Selamat Datang Usia Baru

Setapak lagi berlalu,
Beranjak dari tangisan menderu,
Barisan angka bertambah satu,
Karunia terpenting Penciptamu,

Alam berpesta pora,
Pohon berjoget salsa,
Burung bernyanyi seriosa,
Matahari bermain cahaya,

Diseberang sana karib berbisik,
Kata mutiara >>...

8

Penggolongan Puisi Ulang Tahun diatas bukan kami yang melakukan, melainkan pilihan para penulis sendiri. Sehingga bila pada kategori selanjutnya yaitu Puisi Alam kalian (para pembaca) menemukan beberapa puisi yang tidak cocok, maka hal ini diluar kuasa kami.

Bagaimana hal ini bisa terjadi ? Ini lantaran pada form pengiriman puisi tidak bisa memilih dua kategori sekaligus. Jadi apabila penulis sudah memilih Puisi Senja ini sebagai kategori, maka tidak bisa memilih yang lain.