laptop gaming asus zephyrus m16

Laptop Gaming 16 Inci Terbaik ASUS ROG Zephyrus M16 (GU603Z)

Ketika saya hendak mencari laptop tahun 2021 pertimbangan saya adalah layarnya harus 15 inch dan paling tidak bisa memainkan game PES. Waktu itu saya hanya membayangkan asik juga main PES di laptop dengan ukuran layar lebih besar.

Bisa jadi bayangan saya sebagai seorang gamer kala itu juga menjadi angan-angan kebanyakan gamer ketika mencari laptop gaming. Angan-angan tersebut jadi kenyataan lewat ASUS ROG Zephyrus M16 (GU603Z) yang mengusung layar 16 inch, lebih besar lagi dari angan-angan saya. Dengan bezel tipis menambah kelegaan tersendiri ketika bermain game.

Laptop ini menjadi salah satu laptop gaming terbaik abad ini dengan layar 16 inch, lalu se gahar apa sih Zephyrus M16, mari kita breakdown keunggulannya.

CPU (Prosesor) Laptop Gaming ASUS ROG Zephyrus M16 (GU603Z)

Mengusung Intel®Core™ generasi ke 12 yang merupakan salah satu prosesor gaming terbaik produksi Intel. Selain itu, tipe ini juga membagi cores menjadi 2 yaitu P-Core dan E-Core yang mana P-Core untuk performance dan E-Core untuk efisiensi. Pada ROG Zephyrus M16 terdapat 6 P-Cores dan 8 E-Cores dengan total 14 cores. Dengan pembagian tersebut, prosesor berjalan lebih optimal, yang mana P-Cores bekerja untuk tugas berat, sedangkan E-Cores bertugas untuk pekerjaan ringan dan efisiensi daya.

ROG Nebula Display

ROG Nebula Display adalah sebutan untuk layar LCD keluaran ASUS yang mempunyai desain khusus sehingga bisa lebih cepat, jelas dan cerah.

Cepat karena mempunyai refresh rate hingga 240Hz dan response time 3ms, berbeda dari laptop biasa yang punya refresh rate 144Hz dan response time 7-25ms. Kemampuan optimal tersebut bisa mudah tercapai dengan dukungan MUX Switch. MUX Switch sendiri merupakan teknologi khusus yang bisa mengirimkan gambar visual dari discrete GPU ke layar langsung tanpa, melewati CPU (prosesor). Hal ini tidak ada pada prosesor yang GPU nya integrated atau yang menyatu dengan prosesornya (built-in).

Jelas berkat 100% DCI-P3 yang melebihi laptop biasa yang hanya menggunakan 65-100% sRGB yang mana hanya 50-70% DCI-P3. Kejelasan visual dari LCD ini juga tervalidasi Pantone. Pantone adalah perusahaan spesialis warna dan tinta yang memiliki data bernama Pantone Matching System (PMS) yang menjadi standar untuk akurasi warna. Bahkan untuk menjamin kualitas dan konsistensi produksi serta keamanan ROG Nebla Display mengantongi sertifikat TUV (Technischer Überwachungsverein, atau Asosiasi Inspeksi Teknis) Rheinland. Rheinland adalah asosiasi teknisi yang memberikan sertifikat atas berbagai pengujian kualitas hingga keamanan, dari proses produksi hingga sistem managemen dan komptensi personel. Yang juga termasuk dalam sertifikat ini adalah kemanan perlindungan terhadap mata pengguna yaitu low blue ligth dan anti-flicker.

Cerah berkat 500 nit dan kontras rasio 1200:1, hal ini jauh berdeda dari laptop biasa yang hanya brekisar 250 – 350 nits dan 1000:1 rasio atau kurang.

GPU Laptop Gaming ASUS ROG Zephyrus M16 (GU603Z)

Menggunakan NVIDIA® GeForce RTX™ 3060 dengan fitur Tensor Core dan RT Core yang berfungsi untuk percepatan proses berbasis kecerdasan buatan (AI). Untuk informasi ini saya terus terang sulit memahaminya karena mungkin memang batas pengetahuan saya.

Port

Pada ASUS ROG Zephyrus M16 (GU603Z) Terdapat beberapa port. Seperti 1x HDMI 2.0b, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C yang mendukung untuk DisplayPort™ serta power delivery. Selain itu juga ada 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x Thunderbolt™ 4 yang juga bisa untuk DisplayPort™ dan flash charging.

Keunggulan lain Laptop Gaming ASUS ROG Zephyrus M16 (GU603Z)

Speaker menggunakan teknologi Dolby Atmos yang mampu menciptakan suara imersif dan seperti mengejutkan, orang awam menyebut efek dari ini sebagai suara 3D. Tak hanya itu, audio juga tersertifikasi Hi-Res yaitu sertifikat Sony yang mendapat pengakuan dari JAS (Japanese Audio Association) dan CEA (Consumer Electronics Association). Menurut JAS definisi Hi-Resolution Audio adalah device-device dengan response dynamic paling tidak atau minimal 24bits dengan sampling rate minimal 96kHz.

Smart Amplifier Technology yang bisa membuat Suara 350% lebih keras, suara pada frekuensi tertentu bisa terdengar dengan jelas. Suara frekuensi tinggi akan terdengar sejernih kristal dan suara bas akan bertenaga. Output smart amplifier secara cerdas akan menyesuaikan dengan kemampuan fisik speaker sehingga bisa memastikan hasil suara bebas distorsi atau kerusakan fisik jangka panjang.

Adaptive Sync dapat membuat visual dari game bebas tearing (visual terpotong-potong) atau stuttering (tiba-tiba lag karena framerate drop).

Berapa nilai untuk puisi ini ?

Beri nilai dengan tap jumlah bintang dibawah ini. Dari kiri ke kanan 1 sampai 10

Average rating 0 / 10. Vote count: 0

Belum ada yang memberi nilai, jadilah yang pertama!

Tags :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *