Review Laptop Dual Monitor Pertama ASUS ROG Zephyrus Duo 16

ASUS ROG Zephyrus Duo 16 termasuk salah satu dari daftar notebook gaming terbaik dengan konsep yang berbeda. Desain laptop gaming dengan 2 layar yang belum pernah ada sebelumnya. Tanpa layar external para streamer gaming tetap bisa memantau live chat dengan bantuan layar built-in. Ukuran layar utama yang 16 inch membuat aktivitas baik gaming atau kreasi digital menjadi lebih lega.

Layar dual seperti ini memang tidak benar-benar baru, dan ini bukan satu-satunya, namun untuk laptop gaming ? mungkin menjadi yang pertama. Baiklah kita akan breakdown se hebat apa kekuatan ROG Zephyrus Duo 16.

ROG ScreenPad Plus™ Teknologi Laptop Dual Monitor Pertama

ROG ScreenPad Plus™ adalah layar kedua berukuran 14,1-inci dengan resolusi hingga 4K. Jika kamu membuka layar utama maka ScreenPad Plus™ ini akan terbuka dan bergeser ke arah layar utama. Hal ini membuat bagian bawah ScreenPad Plus™ terdapat rongga yang juga berfungsi mengoptimalkan kinerja pendingin.

LCD ROG Nebula HDR™

Dengan ROG Nebula HDR™ yang merupakan teknologi LCD dari ROG membuat LCD lebih cerah, lebih cepat dan lebih jelas. Sebagai perbandingan, pada laptop biasa, kecerahan hanya sekitar 250 – 350 nits dengan kontras rasio hanya sampai 1000 : 1. Sedangkan pada ROG Nebula HDR™ hingga 1100 nits dengan kontras rasio 100,000 : 1. Kebanyakan laptop biasa refresh rate hanya mencapai 144Hz, dan response time 7 – 25 ms. Sementara ROG Nebula HDR™ bisa sampai 240Hz dan response time mencapai hanya 3 ms. Lebih jelas berkali-kali lipat dibanding laptop pada umumnya karena rentang warna DCI-P3 mencapai 100% sementara latop biasa hanya 50 – 70% DCI-P3.

Tak hanya itu, layar Zephyrus Duo 16 mengantongi sertifikat kemanan perlindungan mata dari TUV Rheindland dan validasi keakuratan warna dari Pantone. LCD ini juga mendukung MUX Switch yaitu fungsi bypass dari discrete GPU (GPU terpisah) langsung ke layar tanpa melewati processor. Dukungan Adaptive Sync membuat proses render game jauh dari tearing (visual seperti terpotong-potong) atau stuttering (tiba-tiba jadi lag).

Bahan Khusus Thermal Pasta

Penggunaan Thermal Grizzly Conductonaut Extreme Liquid Metal pada CPU atau prosesor, mampu membuat suhu prosesor 15% lebih rendah. Berbeda dengan pasta thermal pada umumnya yang terbuat dari silikon, penggunaan Liquid Metal tidak bisa kering dan mampu menurunkan temperatur lebih baik.

CPU dan GPU Laptpo Gaming Hi-End

CPU menggunakan AMD Ryzen™ 9 6900HX atau AMD Ryzen™ 7 6800H Mobile Processor dengan 8-core dan 16-thread. Dengan ini pekerjaan-pekerjaan berat akan terasa ringan, sehingga mampu mempercepat proses dalam game. Perpaduannya dengan GPU NVIDIA® GeForce RTX™ membuat sisi kecepatan ASUS ROG Zephyrus Duo 16 terjamin.

Arsitektur NVIDIA Ampere adalah alasan NVIDIA® GeForce RTX™ menjadi yang terpecat di dunia. Berkat Ray Tracing Generasi Ke-2 mampu menghasilkan grafis paling realistis dan detail. Performa makin kencang berkat adanya AI NVIDIA DLSS. NVIDIA Reflex membuat latensi semakin rendah dan bahkan terendah saat ini. NVIDIA Enkoder membuat GPU ini sangat cocok untuk live streaming game.

Keunggulan Lain

Terdapat 2 slot M.2 NVMe™ PCIe®4.0 SSD yang membuat penambahan SSD lebih fleksibel. Salah satu port USB Type-C yang tersemat ada teknologi G-Sync yang mampu mensinkronisasikan refresh rate pada monitor dengan kemampuan render GPU, sehingga mencegah tearing.

Merupakan salah satu laptop gaming ROG yang memiliki 720P HD IR camera with Windows Hello facial recognition, yaitu fitur pengenal wajah. Jadi kita bisa menggunakan wajah untuk membuka windows ali-alih password atau PIN.

Kebutuhan live streaming makin cocok dengan adanya teknologi AI Noise Cancelling jika kita memakai microphone atau mendengar lawan berbicara. Sertifikat audio Hi-Res menjamin suara paling tidak minimal 24bits dengan sampling rate 96kHz. Sementara teknologi Smart Amplifier untuk membuat suara lebih keras bahkan hingga 350%.

Berapa nilai untuk puisi ini ?

Beri nilai dengan tap jumlah bintang dibawah ini. Dari kiri ke kanan 1 sampai 10

Average rating 0 / 10. Vote count: 0

Belum ada yang memberi nilai, jadilah yang pertama!

Tulisan Terbaru Februari 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *