laptop gaming

Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik Serta Harganya 2022

Laptop gaming terbaik serasa tidak pernah berhenti untuk berubah, vendor-vendor kian sengit bersaing menawarkan berbagai teknologi dan fitur yang mereka miliki. Namun ada satu vendor yang selalu ada dalam daftar ini, serta memorable bagi pecinta game, ya, ASUS ROG. Nama besar ROG (Republic Of Gamers) tak bisa lepas dari komunitasnya yang juga besar, bahkan menjadi Komunitas gaming terbesar di Indonesia. Bagi pecinta game pasti sudah tidak asing dengan laptop ini, karena memang telah menjadi laptop gaming idaman kebanyakan gamers. Mengapa bahasan ini penting ? karena banyak yang tidak tahu keistimewaannya, coba simak artikel pembahasan mengenai perbedaan dengan laptop bisnis atau lainnya.

Mungkin bagi para gamers anggota tetap kaum mendang mending atau kere hore seperti saya, laptop ASUS ROG hanya menjadi impian. Bahkan untuk tahu lebih detail saja seolah ikutan ngga sanggup. Apa yang ada dalam benak saya ketika mendengar ASUS ROG adalah “laptop paling keren ini tapi muahal, harganya bisa puluhan juta, benar-benar syulit”.

Anggapan itu setidaknya ada setelah pertama kali saya mengetahui harga ASUS ROG generasi pertama sekitar tahun 2010. 12 Tahun berlalu, kini saatnya bagi saya untuk tahu lebih detail tentang laptop gaming impian ini. Sejauh mana perkembangannya sekarang dan alasan mengapa harga sedemikian fantastis (menurut saya).

Keunggulan Laptop Gaming Terbaik Di Dunia

Fitur menjadi penting ketika kita membandingkan beragam produk serupa, apalagi merek yang sama. Oleh karena itu bab ini menjadi penting untuk kita bahas, karena daftar laptop gaming terbaik berikut ini memiliki fitur ini.

Processor (CPU)

Semua ASUS ROG memiliki prosesor berteknologi terbaru yang super cepat atau mempunyai desain khusus untuk gaming dan proses-proses berat. Seperti Ryzen 9, 7 yang telah kita tahu menjadi salah satu produsen prosesor gaming. Berikutnya adalah Intel Genereasi ke-12 yang mempunyai teknologi P-Core dan E-Core yaitu performance core dan Efficient Core, menjadikannya prosesor paling irit daya namun bertenaga.

GPU (Graphic Processor Unit)

Penggunaan GPU pada ASUS ROG juga tak kalah bertenaga, seperti AMD Radeon™ RX dan NVIDIA® GeForce RTX™, ada pula yang memakai Intel Iris Xe. Semua GPU tersebut memang telah terbukti menjadi salah satu yang terbaik untuk kelas gaming. Pemanfaatan AI tak luput berhasil menjadikan performanya bisa meningkat berkali kali lipat.

Teknologi Layar LCD

Sebuah laptop gaming terbaik tidak mungkin luput dari memperhatikan teknologi layar LCD. Oleh karena itu, ROG mempunyai 2 produk andalannya yakni ROG Nebula Display dan ROG Nebula HDR. Semua produk ASUS ROG menggunakan salah satu dari keduanya. Baik ROG Nebula Display atau ROG Nebula HDR mempunyai tingkat kecerahan, kecepatan hingga detail yang 2-5x lebih daripada laptop biasa.

Adaptive Sync

Adaptive Sync adalah suatu teknologi yang dapat meminimalisir tearing atau layar seperti terpotong-potong dan stuttering atau framerate yang tiba-tiba drop. Tearing sering terasa ketika memainkan game-game First Person Shooter seperti counter strike, battlefield dan juga PUBG. Khusus Stuttering, saya sering merasakan di game bola, awal lancar namun lama kelamaan seperti ngelag, sebenarnya itu karena frame rate yang anjlok.

MUX Switch

Satu lagi teknologi dari ASUS, yaitu MUX Switch yaitu pengaturan hardware melalui software Armoury Crate, yang memungkinkan merubah jalur pengiriman visual dari discrete GPU. Discrete GPU adalah GPU yang terpisah dari prosesor, kebanyakan laptop adalah integrated GPU, yang GPU nya sudah include dalam prosesornya. Dengan MUX Switch, jalur pengiriman visual bisa langsung ke layar tanpa harus melewati CPU atau prosesor. Dengan ini beban prosesor menjadi berkurang dan tentu performa jadi meningkat.

Sertifikat TUV Rheinland

Para gamer tentu saja menghabiskan waktu paling sedikit 3 jam di depan laptop saat beraksi, ini membuat keamanan penggunaan perlu mendapat perhatian. Oleh karena itu semua ASUS ROG telah tersertifikasi TUV Rheindland, yang merupakan organisasi teknisi yang menguji berbagai kualitas termasuk keamanan penggunaan dan kemudian mengeluarkan sertifikat.

Pantone Validated

Dalam aktivitas gaming, para gamer selain menikmati gameplaynya, terkadang mereka mengagumi desain latar atau karakternya, namun ini tergantung dari rentang warna yang ada. Oleh karena itu validasi dari Pantone sangat membantu, yang menyatakan bahwa warna-warna yang muncul dalam ASUS ROG sangat akurat sesuai dengan database warna Pantone.

Konektivitas Laptop Gaming Terbaik

Sekarang era game online, sehingga koneksi sangat esensial untuk sebuah laptop gaming terbaik, oleh karena itu, semua ASUS ROG menggunakan WiFi 6E yang merupakan teknologi wifi tercepat. Selain itu juga, para gamer sejati pasti membutuhkan layar tambahan, untuk ini port USB Type-C ada pada semua type ROG. Aktivitas nge-game online juga pasti butuh komunikasi, oleh karena itu ASUS membenamkan teknologi AI Noise Cancelling, yang mampu mereduksi suara lain selain suara mic kita. Begitu juga ketia lawan main berbicara, suara lain selain suranya bakal tereduksi. Berkat Smart Amplifier Technology, suara ASUS ROG dapat meningkat hingga 350%, ini juga membuat suara dengan frekuensi tinggi sejernih kristal dan suara rendah bisa bertenaga.

ROG Intelligent Cooling

ROG Intelligent Cooling adalah sebuah rangkaian hardware dan software guna mengelola dan mengeluarkan panas dengan sangat optimal. Berikut adalah beberapa komponen yang penting untuk kalian tahu.

  1. Laptop gaming terbaik Semua prosesor pastanya menggunakan Liquid metal thermal compound atau logam cair, biasanya ada di atas prosesor, dan pada laptop biasa berbahan silikon.
  2. Vapor Chambers yaitu ruang khusus di dalam laptop untuk membuang panas secara langsung dari masing masing komponen seperti CPU, GPU, VRAM atau RAM. Ruang ini sebenarnya mempunyai fungsi seperti heatpipe, namun dengan luas penampang yang jauh lebih besar, bahkan meliputi 1/3 luas motherboard.
  3. Pulsar Heatsink adalah plat tembaga sekitar fan prosesor dengan sirip sekecil 0.1mm dan mempunyai permukaan seluas 110.902mm persegi. Heatsink ini lebih luas 2 – 5x dari heatsink biasa. Heatsink adalah plat metal yang biasanya ada disekitar fan dan prosesor. Dengan desain ini 13% pembuangan panas menjadi lebih baik, memperkecil hambatan udara sebanyak 7% sehingga konduktivitas termal lebih cepat 69%.
  4. 6 heatpipe tambahan (selain vapor chamber) yang bertugas sebagai saluran panas, tidak hanya untuk GPU atau CPU tapi untuk hampir semua komponen termasuk RAM, hingga pengatur voltase.

Daftar Laptop Gaming Terbaik ASUS ROG Flow

Seri Flow kami pilih karena mempunyai fitur lain dari laptop gaming kebanyakan, yaitu adanya fitur touchscreen, ini bisa menjadi killer fitur kebanyakan tablet gaming yang beredar. Bagaimana tidak, kebanyakan tablet mengusung spesifikasi tablet atau mobile phone, namun seri ASROG mengusung spesifikasi PC.

ASROG Flow X13, Laptop Gaming Convertible

laptop gaming terbaik asrog flow x13
ASUS ROG Flow X13 ini seperti anti-mainstream karena mampu menjadi laptop gaming dengan desain convertible layaknya laptop ultra thin. Maksud dari desain convertible adalah pengguna bisa mengatur sedemikian rupa hingga nyaris menyerupai tablet, lengkap dengan touch screen tentu saja.

Arsitektur prosesor sudah menggunakan Zen 3+ dengan fabrikasi 6nm yang lebih hemat daya ketimbang pendahulunya. Dengan teknologi tersebut, performance-per-watt menjadi lebih baik sehingga berpengaruh pada daya tahan baterai.

Kelebihan lain dari prosesor ini adalah dukungan PCIe 4.0 sehingga memungkinkan jalur SSD PCIe 4.0 yang lebih cepat 2x dari PCIe generasi sebelumnya. Bayangkan betapa cepatnya, karena PCIe 3.0 saja sudah 50x lebih cepat dari SSD yang menggunakan jalur SATA III.

Sebagai laptop gaming terbaik, penghematan daya dan peningkatan kecepatan menjadi hal yang esensial. Hal ini tak terkecuali menjadi perhatian ASUS ROG Flow X13 yang menggunakan LPDDR5 6400Mhz dengan kecepatan yang lebih baik dan konsumsi daya 30% lebih efisien daripada generasi sebelumnya LPDDR4.

Efisiensi daya tak hanya terdapat pada prosesornya, chip grafis terintegrasi yakni AMD Radeon™ dengan arsitektur RDNA2 juga menjadikannya makin powerful dan efisien.

Chip Grafis dan Dukungan ROG XG Mobile External GPU

ROG Flow X13 terbaru juga memiliki varian dengan chip grafis NVIDIA® GeForce® RTX™ 3050Ti. Chip grafis ini terkenal sebagai GPU (Unit Pengelola Grafis) tercepat di dunia. Memiliki grafis paling realistis dan detail (dengan RTX™ Real-Time Ray-Tracing generasi ke-2). Juga terdapat AI (kecerdasan buatan, NVIDIA® DLSS 2.0) yang mampu meningkatkan performa kecepatan hingga batas maksimal.  Sistem latensi dengan NVIDIA Reflex juga sangat rendah, sehingga membuat delay response perintah semakin tipis hingga nyaris tidaka ada. Desain Chip grafis seperti ini memang untuk cocok dan kuat untuk live streaming game-game terbaru yang berat.

Jika chip grafis berbekal AI bawaan Nvidia, maka MUX Switch menjadi AI tambahan yang bisa mengatur jalur data visual yang muncul di layar laptop. Data visual dari discrete chip grafis bisa langsung ke layar laptop tanpa harus melalui prosesor dan integrated chip grafis-nya. Dengan teknologi AI MUX Switch performa game meningkat sekitar 10-30%.

Dengan begitu, pengguna akan mendapati pengalaman gaming sekelas konsol. Itu baru sisi penggunaan gaming, belum lagi berbagai konektivitas port yang mendukung penggunaan lebih dari sekedar konsol. USB Type-C 3.2, dengan dukungan Displayport 1.2 membuatnya bisa untuk menambah layar external. Tak hanya itu port ini juga bisa untuk fast charging bahkan support untuk pengisian daya dari powerbank.

Konektivitas lain laptop gaming terbaik yang harus mendapat sorotan adalah port untuk koneksi dengan ROG XG Mobile, yaitu produk ROG lain berupa perangkat grafis external. Device ini memungkinkan koneksi langsung ke jalur PCIe sehingga tidak menyebabkan efek bottleneck. Bottleneck sendiri adalah suatu efek yang timbul pada suatu performa hardware yang terbatasi karena perangkat hardware lain. Sehingga komponen tersebut tidak dapat memberikan performence yang maksimal.

Penggunaan ROG XG Mobile menjadikan chip grafis ROG Flow X13 bisa kompatibel dengan NVIDIA® RTX™ 3070 atau RTX™ 3080 yang notabene lebih tinggi.

Konektivitas dan Desain

Para gamer yang butuh live streaming tak luput dari perhatian ASUS, oleh karena itu ASUS ROG Flow X13 menggunakan teknologi WiFi terbaru yakni WiFi 6E. WiFi 6E mampu mencapai frekuensi 6GHz, lebih cepat dari dari pendahulunya yang hanya 2,4Hz atau 5GHz.

Laptop gaming ini dapat berputar hingga 360⁰, yang memungkinkannya menjadi mode tent, mode stand, hingga mode tablet. Jika menggunakan mode tablet, pengguna juga tidak akan terlalu berat karena bobotnya yang hanya 1,3kg dengan ketebalan 15,8mm. Jika merasa terlalu berat atau terlalu tebal, ingat, ini laptop gaming, bukan tablet biasa dengan performa biasa.

Tampilan layar mengusung rasio 16:10 yang mana cukup nyaman untuk produktivitas apapun. Color gamut 100% sRGB yang tersertifikasi PANTONE VAlidated Display. Sertifikat ini memastikan hasil warna konsisten dan akurat.

Layar berlapis Corning Gorilla Glass, karena untuk mendukung penggunaan pensil stylus, sehingga tidak mudah tergores.

Visual yang sedemikian keren juga semestinya memiliki audio yang juga mumpuni, tesedia port combo 3.5mm jack yang mendukung 3D Mic Array. Guna mendukung penggunaan yang optimal maka AI Two-Way Noise-Cancelling mengambil peranan penting. Kecerdasan buatan ini mampu mereduksi suara lain ketika kita berbicara, pun demikian ketika mendengar lawan bicara.

Harga laptop gaming terbaik satu ini ternyata tak semahal apa yang kita pikirkan. ASUS ROG Flow X13 tersedia dengan banyak variasi dengan harga mulai dari 18 jutaan hingga 50 jutaan, variasi ini tergantung prosesor bawaan, kapasitas SSD, dan kapasitas memori.

ASUS ROG Flow X16 (GV601), Laptop Gaming 16″ Terbaik

Laptop ASUS ROG Flow X16
Pada dasarnya ASUS ROG Flow X16 (GV601) ini sama dengan Flow X13, hanya terdapat perbedaan yang mendasari keunggulan laptop ini. ROG Flow X16 (GV601) hadir dengan layar 16″, merupakan convertible laptop pertama dengan ukuran 16″ (resolusi hingga 2560×1600 pixel). Bobotnya cukup fair untuk sebuah laptop gaming convertible, yaitu sekitar 2Kg dan ketebalan 2cm.

Body cukup solid dengan bahan magnesium alloy yang lebih ringan dari bahan metal lain. Sementara display menggunakan ROG Nebula Display yang merupakan standar layar terbaik untuk laptop gaming. Standar terbaik juga ada pada sisi refresh rate yang mampu hingga 165Hz, sehingga mampu menampilkan pergerakan grafis yang lebih smooth/halus. Response time 3ms membuat layar touch screen semakin cepat merespon pergerakan atau sentuhan pengguna.

Fitur Adaptive sync membuat animasi grafis yang ada dalam game semakin halus, karena mampu meminimalisir Efek seperti tearing (tampilan yang bergeser atau terpotong) atau stuttering (FPS tiba-tiba drop).

Pilihan prosesor CPU hingga AMD Ryzen™ 9 6900HS yang memiliki 8 core dan 16 thread dengan arsitektur Zen 3+ berteknologi 6nm. Ini membuat range TDP (Thermal Design Power) sebesar 45 watt, sehingga hanya membutuhkan pendingin yang punya daya minimal 45 watt saja. Selain TDP rendah, AMD Ryzen 6000 series juga memiliki 50 fitur management daya untuk menghemat baterai.

Dari sisi GPU, ASUS ROG Flow X16 ini kompatibel hingga NVIDIA GeForce RTX 3070Ti dengan TGP 125W.

Sistem Pendingin Istimewa

Thermal atau panas wajib menjadi perhatian semua vendor laptop gaming, karena semua proses menghasilkan panas yang konsisten. Demikian juga pada produk Flow X16, yang merancang sistem pendingin ROG Intelligent Cooling memakai Pulsar Heatsink dan Frost Force Technology.

Pendingin menjadi keistimewaan tersendiri bagi Flow X16 ini. Meskipun banyak fitur yang mampu meredam panas, pada bagian dalam terdapat satu kipas yang terpasang sejajar dengan posisi GPU yang merupakan bagian Frost Force Technology. Fungsinya adalah mengalirkan udara dingin secara langsung ke GPU dan heatsink yang membentang di bagian belakang laptop gaming terbaik ini. Pendinginnya juga mempunyai teknologi anti-resonance yang membuat hampir tidak mengeluarkan suara.

Jika pada CPU lain thermal compound berbahan silikon, ROG Flow X16 (GV601) menggunakan Thermal Grizzly Condectnaut Extreme liquid metal yang lebih baik dalam menghantarkan panas.

Lagi dan lagi, penambahan Thermal Grizzly Condectnaut Extreme liquid metal pada CPU.

Untuk membuktikan bagaimana keistimewaan pendingin laptop gaming ini, tim ASUS melakukan 3DMark Time Spy Stress Test sebanyak 100 kali. Dan hasilnya suhu rata-rata hanya mencapai 76,56⁰ Celcius untuk CPU dan 73,58⁰ Celcius untuk GPU.

Harga ASUS ROG Flow X16 (GV601) berkisar 22 jutaan hingga 77 juta, bergantung dari prosesor bawaan, besar SSD dan kapasitas RAM.

ASUS ROG Flow Z13

Tablet Gaming Asrog Flow z13
Satu lagi series Flow yang menjadi rekomendasi kami yakni ASUS ROG FLow Z13, dengan desain inofatif deatachable 2 in 1. Kalau seri flow X13 dan X16 keyboardnya bisa berputar memunggungi layar sehingga menyerupai tablet, maka Z13 ini layar dan keyboardnya sudah terpisah. Sejauh ini belum ada laptop gaming terbaik seperti ini.

Mengusung prosesor Intel® Core™ H Series generasi ke 12 yang mana konfigurasi core-nya terdiri dari Performance Core (P-core) dan Efficient Core (E-core). Performance Core (P-core) berjalan untuk tugas-tugas berat termasuk gaming dan Efficient Core (E-core) untuk proses-proses ringan namun sangat efisien sehingga tidak memakan banyak daya. Oleh karena itu, banyak yang menyebut prosesor ini sebagai prosesor hibrida.

Konfigurasi lain dari prosesor ini adalah 4 core (6 P-core dan 8 E-core) dan 20 thread yang mampu mencapai hingga 5GHz.

Fitur lain yang ada di X13 atau X16 juga ada di Z13, seperti dukungan ROG XG Mobile External GPU, MUX Switch, NVMe PCIe 4.0 x4 SSD, pendingin sunyi anti-resonance, dan lain-lain juga ada di laptop ini.

Laptop Gaming Terbaik Dengan Desain Inofatif

Keistimewaan lain adalah layar berukuran 13″ dengan bezel yang tipis, bobot ringan 1,1kg dengan ketebalan 12 mm. Ukuran dan desain tersebut membuatnya menjadi laptop gaming terbaik paling mobile yang pernah ada. Kita bisa dengan mudah membawanya tanpa beban yang berarti, seperti membawa monster kecil dengan kekuatan dahsyat.

Dari sisi desain juga sangat unik, karena benar-benar bisa menjadi tablet maka pada bagian belakang laptop ini ada kickstand untuk kaki berdiri. Desainnya mengusung retro-futuristis bertema luar angkasa, yang tentu saja bakal mencuri perhatian siapa saja yang melihat. Terutama, ketika laptop menyala, ada LED RGB yang menyala di jendela kecil transparan yang terdapat pada bagian belakang.

Ada akses kecil pada bagian belakang body yang berfungsi untuk mengganti SSD NVME, jadi kita tidak perlu membongkar bagian lainnya.

Untuk bagian pendingin, ASUS ROG Flow Z13 menggunakan vapor chamber yang mana akan melepaskan panas langsung tanpa menggunakan heatpipe. Kipas pendingin Arc Flow Fan terbaru memiliki 84 bilah khusus mampu meminimalisir turbulensi untuk mengalirkan udara lebih baik. Fitur self cleaning 2.0 yang bisa membuat debu dan partikel terhempas keluar tanpa nyangkut pada koponen hardware.

Harga dari ASUS ROG Flow Z13 ini berkisar 19 jutaan hingga 39 jutaan, tergantung prosesor yang tersemat, kapasitas RAM dan kapasitas SSD bawaan.

Nilai
10

10 Penilai

Berapa nilai untuk puisi ini ?

Beri nilai dengan tap jumlah bintang dibawah ini. Dari kiri ke kanan 1 sampai 10

Average rating 10 / 10. Vote count: 10

Belum ada yang memberi nilai, jadilah yang pertama!

Tags :

laptop, laptop gaming

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *