laptop gaming asus rog g14

Rekomendasi Laptop Gaming 15 Jutaan 2022 ASUS ROG Zephyrus G14

Berbobot tak lebih dari 1.7kg dengan ketebalan 2cm membuat ASUS Zephyrus G14 termasuk tipis dan ringan untuk salah satu laptop gaming terbaik. Keyboard dengan traveling distance 1,4mm membuat pemakaian lebih nyaman. Terdapat empat tombol programable macro pada keyboard yang berfungsi sebagai tombol pintas aplikasi favorit.

Fitur ergolift membuat kemiringan keyboard bisa bertambah seiring layarnya terbuka. Ini menjadikan pengalaman mengetik menjadi lebih nyaman. Layar yang bisa terbuka penuh hingga 180 derajat bisa bermanfaat untuk membantu sistem pendingin bekerja lebih optimal.

Rasio layar cukup lega dan berbeda karena mengusung ukuran 16:10 tidak seperti pada umumnya yang hanya 16:9.

Port bawaan cukup lengkap seperti, slot micro SD, USB 3.2 Type-C, USB 4.0 Type-C yang mampu mencapai 40Gbps, bahkan bisa untuk Power Delivery hingga 100W. USB type-C juga bisa berfungsi sebagai DisplayPort untuk monitor tambahan.

Konektivitas internet memakai WiFi 6E yang bisa meraih frekuensi 6GHz, daripada hanya 2,4GHz atau 5GHz. Untuk live streaming, jelas lebih cepat menggunakan frekuensi yang lebih tinggi. Karena beberapa gamer menggunakan mouse atau keyboard nir kabel, maka teknologi Bluetooth 5.2 akan sangat membantu.

Laptop Gaming Paling Stylish dan futuristis

anime matrix laptop gaming 2022
Hal yang pertama mengamini klaim ini adalah desain stylish dengan warna putih yang elegan plus ketebalan yang hanya 2cm. Yang lebih keren lagi adalah sisi belakang layar terdapat AniMe Matrix Display. Fitur ini adalah deretan lampu LED yang bisa menampilkan animasi atau teks sesuai keinginan.

GPU Gaming ROG Zephyrus G14

ASUS ROG Zephyrus G14 menggunakan AMD Radeon RX 5000 Series, yang mana memang untuk gaming. Klaim tersebut tampaknya cukup berasalan, karena pada website AMD terdapat detail fitur seperti

  1. Stunning Visual Fidelity yang mampu membuat visual game menjadi lebih jelas dan tajam.
  2. Intelligent Sharpening Technology yang bisa otomatis mengatur kontras sekaligus mempertajam gambar.
  3. No Stuttering yaitu pencegah visual terpotong-potong, biasanya terasa ketika bermain game-game FPS (First Person Shooter) semacam Counter Strike atau Battlefield.
  4. No Tearing merupakan fitur yang mampu membuat FPS (Frame Rate Per Second) tetap stabil. Tearing biasanya kita sebut dengan lag tiba-tiba pada saat bermain, itu karena FPS tiba-tiba drop, penyebabnya bisa berbagai macam.

Penggabungan peran prosesor dan GPU oleh program AMD Advantage membuat pengalaman gaming terbaik, kualitas visual terbaik serta mobilitas tertinggi.

Besaran video memory ASUS ROG Zephyrus G14 memang tidak tercantum dalam spesifikasi manapun, tapi beberapa sumber mengatakan 8Gb VRAM. Hal ini tentu jauh dari laptop-laptop standar.

Dengan SmartAccess Memory, prosesor dapat mengakses seluruh memori di GPU, mengeliminasi bottleneck. Dengan fitur ini CPU dan GPU dapat memanfaatkan jalur data PCIe secara optimal, sehingga meningkatkan performa gaming hingga 15%.

MUX Switch merupakan AI yang dapat melakukan bypass jalur visual dari discrete GPU langsung ke layar. Biasanya jalur visual harus melewati integrated GPU dulu baru ke layar sehingga performa maksimalnya belum tercapai. Dengan fitur ini pengguna bisa switch antara mode menghemat daya atau mode performa. Mode penghemat daya berarti tidak baypass jalur visual, sehingga konsumsi daya relatif lebih sedikit. Mode performa berarti melakukan bypass sehingga performa gaming bisa optimal. Test membuktikan peningkatan performa pada FPS atau framerate bisa mencapai 30% dengan mode MUX Switch performence.

Teknologi Prosesor

Ada 2 pilihan tipe prosesor yakni AMD Ryzen™ 9 6900HS Mobile Processor dengan 8-core, 16-thread, 16MB cache, up to 4.9 GHz. Kedua adalah prosesor AMD Ryzen™ 7 6800HS Mobile Processor dengan 8-core, 16-thread, 20MB cache, up to 4.7 GHz. Keduanya merupakan prosesor yang powerfull untuk gaming, dan bukan untuk casual gaming, benar-benar untuk gaming-gaming berat.

Fitur SmartShift membuat pembagian daya antara CPU dan GPU bisa lebih optimal. Dengan bantuan AI (kecerdasan buatan) SmartShift kelebihan daya pada CPU bisa teralokasikan ke GPU sehingga performa gaming meningkat. Apabila laptop membutuhkan performa ekstra untuk CPU, maka akan mengalokasikan daya berlebih dari GPU ke CPU.

Pendistribusian panas

Vapor chamber berbeda dengan heatpipe, yang mampu melepaskan panas secara langsung, sehingga cocok untuk body laptop yang lebih tipis dan ringan.

Penggunaan bahan liquid metal sebagai ganti thermal compound (berbahan silikon) pada prosesor dan GPU mampu menurunkan suhu hingga 15⁰. Desain kipas Arc Flow Fan mampu meminimalisir turbulensi sehingga suara berisik fan lebih rendah.

kecepatan dan daya

Performa sangat penting untuk mengukur kecepatan, makin baik performa maka kecepatan akan semakin meningkat. Akan tetapi sayangnya, kecepatan dan daya berbanding terbalik dan belum bisa seiiring. Oleh karena itu ASUS ROG Zephyrus G14 menghadirkan Aplikasi Armoury Crate, yang memungkinak pengguna mengatur sendiri peforma dan dayanya. Setidaknya ada 4 mode pengaturan diantaranya :

  1. Mode Silent apabila ingin menghemat daya agar baterai dapat bertahan lebih lama.
  2. Mode Performence akan otomatis menghadirkan performence ekstra
  3. Mode Turbo untuk dapat proses-proses paling berat
  4. Mode Manual agar pengguna bisa mengatur sendiri hingga berpotensi meningkatkan performa 100%.

Dukungan PCIe 4.0 SSD dan DDR5 4800MHz mengindikasikan bahwa semua fitur atau aplikasi yang ada tecover dengan optimal.

Harga Laptop Gaming 15 Jutaan 2022 ASUS ROG Zephyrus G14

Jika melihat e-commerce harga dari laptop gaming ini berkisar 14 jutaan, namun tergantung dari hardware bawaannya. Untuk produk yang maksimal kamu bisa lihat yang kisaran harga 30 jutaan, namun ingat, pastikan toko tersebut jual barang original ya.

Berapa nilai untuk puisi ini ?

Beri nilai dengan tap jumlah bintang dibawah ini. Dari kiri ke kanan 1 sampai 10

Average rating 0 / 10. Vote count: 0

Belum ada yang memberi nilai, jadilah yang pertama!

Tags :

asus rog, laptop, laptop gaming

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *