Spesifikasi Laptop ASUS ROG Strix SCAR 17

Pada 29 Juli 2022 ASUS memperkenalkan ROG Strix SCAR 17 Special Edition (G733C), yang merupakan rekomendasi laptop gaming terbaik paling powerfull di dunia. Karena memang desain dan arsitektur dari Strix SCAR 17 menjadikannya mempunyai performa sekelas PC desktop.

Ukuran layar 17 inci menjadikan ROG Strix SCAR menjadi yang paling besar, paling lega, sekaligus juga sangat bertenaga. Hampir semua keunggulan dari ASUS ROG tipe lain ada di sini plus layar yang paling besar membuat daya tarik semakin kuat untuk produk ini.

Keunggulan

Pada sisi prosesornya sudah berbeda dari semua seri ROG yakni menggunakan Intel generasi ke-12 dengan konfigurasi 16 core serta 24 thread dan memiliki base power 65W. 16 cores terdiri dari 8 Performance Core (P-core) dan 8 Efficient Core (E-core), dengan kata lain 8 core untuk pekerjaan berat dan 8 core untuk pekerjaan hemat daya. Performance core tersebut mampu berjalan hingga frekuensi 5,2GHz.

Manual Mode pada aplikasi Armoury Crate memungkinkan pengguna untuk meningkatkan performa CPU hingga daya 175W. Hal ini berbading lurus dengan kemampuan GPU GeForce RTX 3080Ti yang dengan Dynamic Boost dapat meningkatkan TGP maksimal hingga 175W.

Display menggunakan QHD (2560 x 1440) yang memiliki refresh rate 240Hz serta response time 3ms. Dengan Adaptive Sync proses render visual dari sebuah game bebas tearing atau layar terpotong-potong atau stuttering atau tiba-tiba lag. NVMe PCIe Gen4 SSD dapat dikonfigurasikan secara RAID yakni sebuah teknologi penyimpanan virtual seperti pada cloud computing.

Sistem pendingin ROG Intelligent Cooling merupakan rangkaian hardware dan software yang khusus untuk membuang panas dan menurunkan suhu. Berbagai hardware dengan fungsi khusus seperti Vapor chamber, yaitu ruang khusus untuk mengalirkan panas secara langsung dengan lebih cepat. Vapor Chamber sebenarnya mempunyai fungsi yang mirip dengan heatpipe. Akan tetapi memiliki penampang atau lebih luas daripada sekedar pipa pendingin. Bayangkan saja vapor chamber tersebut mampu melapisi 48,8% bagian mainboard sehingga sudah dapat meliputi bagian dari CPU, GPU, VRM, VRAM. Komponen yang terliputi vapor chamber dapat melepaskan panas secara langsung. Ada juga heatsink (plat logam yang ada pada bagian bawah fan prosesor) yang 2-5x lebih luas dari laptop biasa.

Bagian istimewa dari bodi ROG Strix SCAR 17 adalah adanya invisible ink yakni garis-garis motif yang dapat terlihat jika terkena sinar UV.

Yang Cocok Pakai Laptop Gaming Ini

Pengguna laptop gaming yang paling cocok menggunakan Strix SCAR 17 ini adalah tentu saja konten creator gaming, karena kebutuhan recording dan rendering. Selain gaming, kebutuhan lain pada proses editing bisa dengan sangat baik terpenuhi. Dengan layarnya yang lebar membuat berbagai tools yang ada pada editor video bisa kelihatan semua. Proses rendering pun saya yakin tak akan memakan waktu lama dengan spesifikasi monster seperti laptop gaming ini.

Laptop ini juga termasuk yang irit daya, terlihat dari penggunaan intel generasi ke 12 serta pemakaian LPDDR5 atau Low Power DDR5. Keunggulan ini seusai dengan harapan konten kreator gaming yang harus pintar-pintar mengelola stres karena kegiatan yang monoton di satu tempat. Dengan irit daya ini, maka baterai awet, kalau baterai awet, kita bisa lebih mudah untuk mobile atau berpindah tempat.

Harga Laptop Gaming

Harga ROG Strix SCAR 17 yang kami pantau berkisar 25 jutaan hingga 83 jutaan, ini tergantung spesifikasi hardware yang ada serta tergantung dari kapasitasnya. Yang jelas laptop ini adalah laptop high-end atau kelas atas, bukan market dari kaum mendang mending dan kere hore seperti saya.

Berapa nilai untuk puisi ini ?

Beri nilai dengan tap jumlah bintang dibawah ini. Dari kiri ke kanan 1 sampai 10

Average rating 0 / 10. Vote count: 0

Belum ada yang memberi nilai, jadilah yang pertama!

Tulisan Terbaru Februari 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *