5 langkah menulis puisi

5 Langkah Menulis Puisi yang Keren dan Bikin Baper

Halo gaes! Sebelum mengetahui 5 langkah menulis puisi yang keren dan bikin baper, kita perlu menanyakan dua hal. Pertama, apakah semua orang bisa menulis puisi? Kedua, apakah menulis puisi itu mudah?

Kalau saya boleh menjawab kedua pertanyaan itu, saya akan menjawab pertanyaan pertama dengan kata ya atau bisa. Karena, setiap orang memiliki perasaan. Sementara itu, puisi, sebagaimana karya sastra lainnya, sering kali menjadi sarana untuk mengungkapkan perasaan.

Untuk pertanyaan kedua, saya akan memberi dua jawaban juga, yaitu ya dan tidak. Menulis puisi menjadi hal yang mudah bila kita memiliki niat, mau berusaha, dan menikmati prosesnya. Sebaliknya, menulis puisi akan sangat sulit bila kita merasa terpaksa, tidak mau mencoba, dan banyak mengeluh dalam prosesnya.

Nah, kalau sudah memiliki niat, mau berusaha, dan siap menikmati prosesnya, mari kita menyimak 5 langkah menulis puisi yang keren dan bikin baper berikut ini.

Puisi merupakan salah satu bentuk dari karya tulis, bukan karya yang asal tulis. Oleh karena itu, kita bisa menulis puisi menggunakan cara yang sama dengan karya tulis lainnya. Namun, karena puisi juga memiliki perbedaan dalam struktur fisik dan pilihan kata atau diksi, langkah-langkah penulisannya pun menjadi sedikit berbeda.

5 Langkah Menulis Puisi:

Menentukan Tema

Setiap karya tulis pasti memiliki tema, termasuk puisi. Tema adalah garis besar isi dalam karya tersebut. Oleh karena itu, langkah pertama dalam menulis puisi ini adalah menentukan tema.

Kita bisa menentukan atau memilih tema yang paling dekat dengan diri kita atau perasaan kita. Misalnya, kita bisa memilih tema cinta kalau kita memang sedang jatuh cinta. Kita bisa menggunakan tema sedih kalau kita memang sedang merasa sedih. Atau, saat ini kita sedang merindukan seseorang dan memutuskan untuk menulis puisi tentang rindu.

Intinya, kita sebaiknya memilih tema yang sesuai dengan apa yang sedang kita rasakan. Dengan begitu, kita akan lebih mudah menuliskan apa saja yang ingin kita sampaikan. Baiklah, agar kita memiliki bahan untuk berlatih, kita coba saja menentukan rindu sebagai tema puisi yang akan kita tulis nanti.

Menulis Kata Kunci

Dalam puisi, kita mengenal istilah diksi. Diksi berarti pilihan kata. Diksi jugalah yang membuat puisi berbeda dengan jenis karya tulis atau karya sastra lainnya. Karena, diksi merupakan unsur yang dapat membuat satu baris dalam puisi bisa memiliki makna yang dalam dan bikin baper.

Sebelum kita menemukan diksi yang tepat untuk puisi kita, kita bisa menggunakan kata kunci. Lalu, bagaimana cara kita menentukan kata kunci tersebut? Jawabannya adalah bebas. kita bisa menulis kata kunci sesuai dengan tema yang telah kita buat atau sesuai dengan yang kita inginkan.

Misalnya, kita bisa memulai dengan menulis apa yang dekat dengan kita saat ini. Oke, saya menulis artikel ini lewat tengah malam setelah gerimis. Maka, saya akan menjadikan suasana yang saya rasakan ini sebagai kata kunci, yaitu malam, gerimis, sepi, dan dingin.

Mengembangkan Kata Kunci 

Kita sudah menentukan rindu sebagai tema. Kemudian, kita sudah memiliki beberapa kata kunci, yaitu malam, gerimis, sepi, dan dingin. Kini, kita tinggal mengembangkan kata-kata kunci tersebut menjadi kalimat atau baris dalam puisi.

Malam ini aku tak bisa tidur
Bukan karena gerimis
Bukan karena sepi
Bukan pula karena dingin

Malam ini aku tak bisa tidur
Karena terus merindukanmu

Melakukan Pemolesan

Setelah mengembangkan kata kunci menjadi kalimat atau baris, langkah berikutnya memerlukan pengetahuan mengenai unsur-unsur puisi. Unsur-unsur tersebut bisa berupa gaya bahasa atau majas, rima atau permainan bunyi, dan sebagainya. Dengan demikian, kita akan membuat puisi yang kita tulis memiliki unsur estetika atau keindahan.

Seseorang yang sedang membaca puisi biasanya akan terpikat dengan unsur estetika dalam puisi tersebut. Bahkan, ia akan langsung baper kalau memang isi puisi itu sesuai dengan apa yang ia rasakan.

Baiklah, saya akan mencoba melakukan pemolesan kepada puisi yang telah kita buat sebelumnya:

Malam ini mataku enggan menutup
Bukan karena gerimis berisik
Bukan sebab sepi mendekap
Bukan pula dingin yang menggelitik

Malam ini mataku enggan menutup
Karena rindu padamu tak henti meletup-letup

Menentukan Judul

Judul adalah nama yang menyiratkan isi sebuah tulisan. Umumnya, judul memiliki ciri-ciri tertentu, seperti singkat, menarik, sesuai tema, dan logis. Namun, sebuah judul tidak harus memenuhi semua ciri-ciri tersebut. Khususnya, jika apa yang kita tulis adalah puisi.

Kita akan menggunakan beberapa alternatif judul untuk puisi yang kita buat tulis tadi. Karena puisi tersebut bertema rindu, kita bisa memilih beberapa judul sebagai berikut: Rindu, Kerinduan, Kerinduanku, Merindukanmu, Malam ini Aku Merindukanmu, Merindukanmu Malam Ini, dan lain sebagainya.

Dan, inilah hasil dari 5 Langkah Menulis puisi yang keren dan bikin baper dalam tulisan ini:

Kerinduanku

Malam ini mataku enggan menutup
Bukan karena gerimis berisik
Bukan sebab sepi mendekap
Bukan pula dingin yang menggelitik

 Malam ini mataku enggan menutup
Karena rindu padamu tak henti meletup-letup

Demikianlah 5 langkah menulis puisi yang keren dan bikin baper. Sebenarnya, banyak sekali langkah untuk membuat atau menulis puisi. Langkah-langkah di atas juga tidak bersifat statis atau tetap. Misalnya, kita bisa memilih untuk menentukan judul terlebih dahulu sebelum menentukan kata kunci.

Kita perlu mengetahui bahwa seorang penyair memiliki licensia poetica, yaitu kebebasan untuk mengabaikan atau tidak mengikuti aturan atau kaidah kebahasaan untuk menciptakan puisi. Namun, seorang penyair juga harus memiliki pemahaman tentang kaidah kebahasaan itu agar senantiasa bisa mempertanggungjawabkan hasil karyanya.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *