Puisi Pendek - Singkat kumpulan sajak kiriman netizen, update tiap hari.
Anda bisa simak, bacain, voting, komen atau download sebagai gambar story/status. Lihat Daftar Puisi.

Kirim Puisi Sekarang
MENU

Tanya Veronika Asisten Virtual Dengan Berbagai Cara

Tanya Veronika Asisten Virtual dengan berbagai cara akan kami ulas disini. Veronika asisten virtual telkomsel adalah teknologi layanan pelanggan berbasis chatting yang menggunakan artificial intelligence atau kecerdasan buatan chatbot sebagai teknologinya. Dibangun untuk membantu pelanggan dalam menggunakannya untuk cek pulsa, kuota, beli pulsa hingga cek poin telkomsel.

Teknologi Telkomsel

Teknologi Artificial Intelligence sekarang makin akrab dalam kehidupan sehari-hari, termasuk asisten veronika pada 6 aplikasi medsos berikut. Terobosan dalam teknologi sepertinya menjadi keunggulan telkomsel sejak berdiri tahun 1995, mulai dari 2G, 3G, 4G, 5G kini AI.

tanya veronika asisten virtual

media perpesanan tanya veronika asisten virtual telkomsel

Figur-figur buatan sudah tidak asing lagi bagi Telkomsel, setidaknya ada 2 figur yang dekat dengan masyarakat. Pertama adalah Veronika pesan suara mailbox, kala itu masih bernama Veronica yang merupakan singkatan VoicE RespONse and Info CAre.

Pesan suara adalah media per pesanan dengan basis suara yang digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh melalui internet. Sementara mailbox adalah kotak suara itu sendiri, sehingga pesan suara mailbox adalah kotak surat yang menampung pesan suara dari orang lain. Dahulu veronika yang sekarang kita kenal melalui tanya veronika adalah sebuah sistem mesin penjawab otomatis yang menyimpan pesan berupa suara ketika nomor yang dituju diluar jangkauan atau tidak aktif.

Sekarang sistem ini sudah tidak digunakan lagi karena maraknya media per pesanan online yang makin mudah digunakan dan di akses. Meskipun pada kenyataannya kita masih bisa menggunakan pesan suara meski tidak dengan bantuan mailbox. Seperti Whatsapp yang bisa kirim suara dalam chatting.

Kedua adalah Caroline atau CaRe OnLINE, dia melayani hot Line telkomsel, dulu juga merangkap pembelian pulsa, paket, dll.

Untuk mengembangkan Veronika menjadi AI, telkomsel menggandeng suatu perusahaan yang khusus bergerak dibidang jasa chatbot AI asal Indonesia. Dan pada 17 Agustus 2017 Veronika si Asisten Virtual pun diluncurkan dengan berbagai platform media per pesanan. Dikatakan dari sumber terpercaya bahwa, ke depannya Veronika akan mampu mengenali perintah dari suara. Kebayang kan betapa serunya saat Veronika mampu mengerti suara, ya layaknya personal asisten siri atau google asisten saat ini.

Pengertian Artificial Intelligence (kecerdasan buatan)

Sebelum kita lanjut, ada satu pertanyaan, mengapa Veronika bisa tergolong AI. Teknologi AI menurut beberapa sumber tidak serumit yang didefinisikan, kebanyakan hanya suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah. Veronika juga sistem yang telah diatur sedemikian rupa sehingga ketika orang bertanya pada veronika dapat memberikan jawaban yang masuk akal.

Dalam dunia virtual kita telah mengenal istilah kecerdasan buatan, namun sebenarnya apa sih itu. Dalam wikipedia dijelaskan bahwa kecerdasan buatan adalah kecerdasan entitas ilmiah, suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah. Namun kita mungkin sering bingung dan cenderung untuk mengambil definisi yang dilontarkan Andreas Kaplan dan Michael Haenlein yang lebih spesifik yaitu kemampuan sistem untuk menafsirkan data eksternal dengan tepat, kemudian mempelajari data tersebut dan menggunakannya untuk mencapai atau melaksanakan tugas tertentu secara lebih adaptif dan fleksibel.

Dalam perkembangannya, apabila mengikuti definisi dari wikipedia, maka search engine apapun baik itu search di e-commerce seperti tokopedia atau google versi jadul sekalipun, termasuk ke dalamnya. Sistem search yang diatur sehingga hasil pencarian kata kunci dapat masuk akal dan sesuai. Berbeda dengan opini kedua, search pada e-commerce tidak masuk karena tak mampu menafsirkan atau adaptif maupun fleksibel terhadap data eksternal berupa keyword. Namun google yang sekarang telah masuk pada opini kedua, karena teknologi rank brain, yang mampu belajar dari pola pencarian pengguna lalu menafsirkan sekaligus mempunyai sifat adaptif dan fleksibel. Adaptif dan fleksibel di sini maksudnya adalah, rank brain mampu memprediksi apa yang dimaksud oleh pengguna.

Prediksi tersebut kami contohkan sebagai berikut. Seseorang bermaksud mencari mouse nirkabel tapi dia tidak tau bahwa ada 2 jenis, yang menggunakan dongle dan yang menggunakan bluetooth. Dalam kotak pencarian pengguna memasukkan kata kunci “mouse wireless”, nah rank brain memprediksi bahwa pengguna sedang mencari mouse nir kabel. Maka di hasil pencarian mencantumkan sumber-sumber bluetooth mouse, meskipun website tersebut tidak ada kata wireless.

Chatbot Tergolong AI

Kecerdasan buatan menurut kedua definisi tersebut memang bisa digunakan, namun untuk saat ini definisi ke dua hanya bisa dicapai oleh rank brain. Yang lainnya seperti tanya veronika asisten virtual masih sebatas pengertian pertama tentang intelegensi artifisial. Karena pada dasarnya menggunakan chatbot yang tidak dapat dikenali bahwa dia chatbot, beda dengan chatbot yang auto reply.

Jika ada yang berpendapat sebaliknya, mari kita lanjutkan pembahasan chatbot, menurut Wikipedia, chatbot atau chatterbot adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk menyimulasikan percakapan intelektual dengan satu atau lebih manusia baik secara audio maupun teks. Jika pengguna tidak dapat mengidentifikasi bots sebagai suatu program komputer, maka chatterbot tersebut dikategorikan sebagai kecerdasan buatan (atau artificial intelligence). Dari kedua pendapat di atas, baik dari sisi veronika sendiri ataupun dari chatbot, sama-sama bisa dikatakan Artificial Intelligence.

apa Itu Chatbot

Chatbot dalam terminologi merupakan singkatan dari CHATter roBOT, chatter adalah orang yang melakukan komunikasi dengan melalui internet berbasis teks. Sementara robot adalah seperangkat alat mekanik atau serangkaian komponen elektronik yang mampu melakukan tugas fisik baik menggunakan pengendali maupun program. Jadi chatbot bisa didefinisikan serangkaian kode yang telah di program agar mampu melakukan tugas fisik berupa balasan teks kepada pengguna.

Penggunaan chatbot lebih sering pada layanan pelanggan seperti tanya asisten virtual telkomsel, google asisten bahkan siri. Untuk google asisten dan siri hanya ditambahkan pengenal suara dan response berbentuk suara, namun jika diperhatikan sama saja menggunakan teks percakapan.

Mengapa chatbot tergolong Artificial Intelligence ? sebenarnya tidak semua chatbot, karena auto reply juga termasuk chatbot namun tidak tergolong AI. Auto reply adalah chatbot yang hanya membalas percakapan berdasarkan triger atau pelatuk, pelatuknya adalah teks apa saja dari pengguna. Misalnya anda bertanya pada kolom chat tentang ketersediaan produk namun toko sedang tutup, “hallo, apa produk ini masih ada ?” dan chatbot auto reply menjawab, “Maaf, toko kami sedang tidak beroperasi”. Jika itu auto reply maka jawabannya akan sama saja sekalipun ngetik ngawur seperti “asdfa sdsadsf” dia akan menjawab sama “Maaf, toko kami sedang tidak beroperasi”. Beda dengan chatbot AI, untuk pertanyaan pertama mungkin jawaban bisa saja sama, namun ketika anda ngetik ngawur maka jawabannya beda “maaf saya tidak mengerti”.

Pengembang dari chatbot ada yang dari Indonesia seperti kata.ai yang juga digandeng telkomsel untuk mengembangkan asisten virtual veronika. Memang teknologi AI pada chatbot sedang marak digunakan, mulai dari perusahaan besar hingga usaha kecil menengah.

Mengapa tergolong Asisten Virtual

Singkatnya Asisten Virtual adalah Asisten (seseorang atau lembaga) yang bekerja untuk membantu orang lain dan atau klien secara jarak jauh melalui internet. Maka jelas di sini bahwa Veronika pada kenyataannya membantu pelanggan dari jarak jauh di mana saja kapan saja.

Jadi bisa disimpulkan bahwa asisten virtual veronika adalah chatbot yang membantu pelanggan telkomsel di mana pun dan kapan pun.

Fungsi dan Fitur Veronika

Jika anda pernah tahu kode-kode USSD telkomsel seperti *888# untuk cek pulsa atau cek kuota internet dengan *888*3*2#, maka fungsi dari veronika adalah sama. Hanya saja tidak lagi menggunakan kode, tapi menggunakan kata kunci seperti “cek pulsa”, “cek kuota” dan lain sebagainya.

Unstructured Supplementary Service Data (USSD) yang dalam bahasa Indonesia berarti Data Layanan Tambahan Tidak Terstruktur adalah protokol komunikasi yang digunakan oleh telepon seluler GSM untuk berkomunikasi dengan komputer operator jaringan seluler. Penggunaan kode ini adalah hanya dengan dial-up atau menelepon biasa namun dengan nomor yang dimulai dengan tanda bintang (*) dan diakhiri dengan tanda pagar (#).

  • *888# – Fungsi dari kode ini adalah berisi berbagai pilihan untuk mengetahui jumlah pulsa, sisa kuota paket yang sedang berjalan dan masa aktif kartu telkomsel anda.
  • *888*77# – Kode tersebut digunakan untuk melihat pemakaian pulsa terakhir baik telepon atau SMS.
  • *363# – Ini adalah untuk melihat berbagai pilihan paket internet yang tersedia
  • *500# – Jika anda ingin mengetahui berbagai layanan Telkomsel bisa menggunakan kode ini
  • *700# – Poin telkomsel bisa dilihat dengan USSD tersebut, berapa yang anda dapatkan sementara ini.
  • *800# – TCash yang berubah menjadi LinkAja bisa cek saldo menggunakan USSD ini.
  • *999# – Bagi anda yang ingin mengaktifkan paket telepon atau sms bisa coba USSD ini.

Kode USSD diatas saat ini mungkin jarang atau memang sudah tidak digunakan karena Telkomsel telah beralih ke teknologi layanan yang lebih mudah digunakan pelanggan yaitu cukup dengan tanya asisten.

Fitur yang dihadirkan pun tak kalah menarik, yaitu pelanggan bisa membeli pulsa langsung dalam percakapan dengan metode pembayaran fleksibel. Pelanggan bisa tukar POIN telkomsel hingga membelikan pulsa nomor telkomsel lain.

Singkatnya Telkomsel POIN adalah program reward (penghargaan) berupa akumulasi poin untuk para pengguna loyal telkomsel baik kartuHalo, simPATI, KARTU As, dan Loop.

Cara Mendapatkan POIN

Cara dapetin poin telkomsel sangat mudah yaitu untuk pengguna prabayar bisa dengan cara isi pulsa minimal 50.000 dalam sebulan atau dengan membayar tagihan dengan nominal yang sama untuk pengguna pascabayar. Pengguna kartuHalo akan mendapatkan Telkomsel POIN setelah melakukan pembayaran tagihan. Pengguna simPATI, KARTU As, dan Loop akan mendapatkan Telkomsel POIN dalam 24 jam setelah mengisi pulsa.

Cara Tukar POIN

Cara tukar POIN telkomsel sangat mudah, cukup dengan chatting veronika yang tersedia dalam 6 media per pesanan yang sering digunakan.

persyaratan tanya asisten virtual

persyaratan cara bertanya pada asisten virtual

Persyaratan Penggunaan Veronika

Sebelum mulai bertanya pada veronika asisten virtual, ada baiknya mempersiapkan beberapa persyaratan berikut. Pengguna adalah pelanggan telkomsel atau punya handphone/smartphone dengan kartu telkomsel, simpati, loop, as atau kartuHallo. Ini karena, nantinya digunakan untuk verifikasi nomor telepon dengan mengirimkan kode OTP melalui SMS ke nomor tersebut.

OTP (One-Time Password) atau dalam bahasa Indonesia berarti Kata Sandi Satu Kali adalah kata sandi yang hanya berlaku untuk satu sesi login atau transaksi, pada sistem komputer atau perangkat digital lainnya. Kode ini sering digunakan untuk verifikasi online berbagai aplikasi android.

Tujuan dari kode OTP terutama untuk keamanan pengguna kartu seluler sebagai verifikasi bahwa akun dari aplikasi tersebut benar merupakan akun pemegang kartu seluler yang didaftarkan. Kode OTP sering menggunakan fitur SMS atau pesan singkat dari perangkat seluler. Ada beberapa metode yang digunakan untuk verifikasi ini, meski tetap menggunakan SMS sebagai basis pengiriman. Pertama ada yang berupa kode yang harus dikirimkan kembali, biasanya adalah OTP dari pengguna mobile banking. Kedua berupa nomor random untuk kemudian di isikan pada kolom verifikasi pada aplikasi. Ketiga adalah kode OTP yang bisa digunakan dalam chatbot, contohnya adalah ketika tanya Veronika telkomsel. Pada Veronika digunakan sebagai verifikasi bahwa benar pengguna chat merupakan pemegang kartu telkomsel aktif.

Penting juga dicatat bahwa ketika menggunakan asisten virtual, periksa dengan seksama nomor telepon atau kode OTP yang anda masukkan. Karena 3 kali kesalahan OTP maka percakapan akan diblokir selama 5 menit, 9x kesalahan berturut-turut akan terblokir 1×24 jam. Meminta kode OTP 3x maka akan diblokir 5 menit. Jika salah memasukkan nomor telepon sebanyak 3x maka percakapan dengan Veronika akan terblokir selama 5 menit.

Memulai percakapan dengan veronika

Memulai chatting dengan veronika sangat mudah, untuk permulaan yuk coba dengan keyword “tanya veronika”. Sebagai referensi bisa juga coba salah satu dari sebagian keyword berikut.

Keyword Fungsi
Cek Sisa Pulsa Untuk mengetahui sisa pulsa yang sedang aktif
Cek Tagihan Hanya untuk pelanggan kartuHallo yang ingin melihat tagihan berjalan.
Cek Kuota Untuk melihat kuota internet atau kuota paket yang sedang digunakan.
Cek PUK Meminta nomor kode PUK
Cek Promo Melihat berbagai promo yang ada pada saat ini.
Beli Voucher Game Melihat berbagai paket voucher game dan pilihan untuk membeli langsung.
Beli Paket Berisi berbagai paket internet dan paket lainnya yang dapat anda pilih dan beli secara langsung.
Bayar Tagihan Pengguna kartuHallo bisa menggunakan keyword ini untuk membayar tagihan secara online.
Beri Hadiah Hadiah untuk nomor telkomsel lain, seperti pulsa atau paket.
Riwayat Tagihan Berisi riwayat 3 tagihan terakhir.
Riwayat Isi Pulsa 3 pembelian pulsa terakhir.
Kirim Ulang Ebill Untuk mengirim ulang tagihan kartuHallo.
Beli Paket Berisi daftar paket yang ingin kita beli dan pilihan untuk membeli lewat veronika.
Combo Berisi paket internet combo saja.

*Kata Kunci diatas hanyalah sebagian kalimat tanya, anda bisa menggunakan kalimat tanya lain.

Berikut pertanyaan di luar konteks yang secara mengejutkan dijawab Veronika dengan baik meski belum sempurna.

  • Tanya : Siapa Anda
  • Veronika : Saya Veronika, virtual asisten Telkomsel Anda. Saya bisa membantu Anda mulai dari bayar tagihan, beli pulsa hingga tukar POIN
  • Tanya : Di mana rumah anda
  • Veronika : Saya di sini selalu selalu siap membantu Anda.
  • Tanya : Kapan dibuat
  • Veronika : Saya dari Telkomsel, asli Indonesia.

Cara tanya veronika asisten virtual

Waktu yang dibutuhkan: 4 menit.

Medsos atau media per pesanan berikut merupakan 6 platform paling populer di Indonesia. Apabila anda ingin mengganti topik bisa gunakan kata kunci “batal” atau “cancel”.

  1. Facebook

    Veronika facebook bisa juga diakses dari desktop/PC maupun android, beda diantara keduanya adalah jika menggunakan desktop/pc anda tidak perlu meng install facebook messanger. Setelah ketemu bisa langsung “send message” untuk pengguna desktop/PC dan dialog box atau kotak chatting pun akan keluar di bagian kanan bawah layar. Jika anda akses melalui android maka akan diarahkan ke facebook messanger atau perintah install messanger. Untuk memulai, bisa mencoba masukkan keyword “tanya veronika”.

  2. Whatsapp

    Pengguna whatsapp bisa simpan dulu nomor telepon veronika telkomsel 0811 1111 1111, dan mulai chat seperti biasa, atau gunakan “tanya veronika”.

  3. Telegram

    Jika anda sudah mulai menggunakan telegram, maka anda bisa cari chatbot veronika “telkomsel_official_bot” dan mulai percakapan dengan ketik kata kunci seperti “tanya veronika”.

  4. Website Telkomsel.Com

    Tak hanya platform berbasis aplikasi selular, tanya veronika asisten virtual juga dapat dilakukan tanpa aplikasi, yaitu dengan mengunjungi website www.telkomsel.com di desktop/pc anda atau browser smartphone. Letak dari menunya adalah di bagian kanan bawah layar berlogo perempuan berbaju merah. Untuk memulai cukup klik saja gambar itu dan dialog box akan muncul dan silakan isi nama anda, kemudian coba kata “tanya veronika”.

  5. Line

    Bila anda lebih terbiasa menggunakan line, bisa coba cari akun telkomsel resmi yang bergambar shield warna hijau dengan ikon bintang di dalamnya. Kemudian tinggal anda chat saja dengan “tanya veronika” maka kan dibalas dengan FAQ seputar layanan.

  6. MyTelkomsel

    Khusus untuk pengguna aplikasi MyTelkomsel, anda diwajibkan untuk punya paket internet atau pulsa untuk bisa mengakses telkomsel veronika. Oleh karena aplikasi ini tidak bisa menggunakan koneksi wifi, harus sambungan data seluler. Setelah berhasil masuk, scroll ke bawah sampai menemukan ikon perempuan ber jas merah kemudian mulai dengan keyword “tanya veronika”.

Kemudahan Menggunakan Veronika Asisten Virtual

Dalam era virtual seperti sekarang ini, kita membutuhkan banyak sekali aplikasi guna membantu dalam pekerjaan sehari-hari. Ketersediaan virtual asisten telkomsel dalam berbagai medsos, membuat kita tidak perlu lagi menambah aplikasi hanya untuk membeli paket internet atau pulsa. 6 cara yang disediakan telkomsel di atas cukup memberi gambaran bagi kita para pelanggan telkomsel kemudahan dalam penggunaan. Bagaimana tidak, kita bisa membeli pulsa, cek kuota berjalan, tukar POIN, dan berbagai info lainnya pada aplikasi yang sering kita gunakan tersebut.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars
(2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Tulisan selain Tanya Veronika Asisten Virtual Dengan Berbagai Cara

Nilai
10
2 Penilai
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars
(2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...