MENU

Daftar Laptop Bisnis Terbaik 2022 dan Keunggulan ASUS ExpertBook

Laptop bisnis terbaik tahun ini 2022 mungkin memang pantas disematkan pada ASUS ExpertBook. Deretan tipe beserta keunggulan fitur dan spesifikasi masing-masing mampu membuatnya istimewa di kelasnya. ASUS mempunyai produk dengan segmentasi spesifik, mulai kelas gaming ASUS ROG hingga kelas laptop bisnis ExpertBook. Hal ini tentu sangat membantu konsumen dalam menentukan mana pilihan yang tepat untuk kebutuhannya. Sebab, diluaran sana sangat banyak laptop dengan berbagai spesifikasi dan varian yang apabila tidak teliti terlihat serupa.

Seberapa Penting Laptop Dalam Dunia Kerja atau Bisnis

10 tahun lalu, mungkin laptop masih menjadi barang yang terakhir dibeli ketika membutuhkan sebuah perangkat yang membantu pekerjaan. Masyarakat dan perusahaan lebih memilih komputer yang harganya lebih murah jadi bisa disesuaikan dengan budget. Selain itu komputer juga memiliki perangkat yang bisa di upgrade sedemikian rupa. Namun seiring perkembangan laptop dan teknologi informasi, keberadaan laptop makin banyak di pasaran, sehingga harga makin bersaing. Upgrade perangkat laptop pun makin memungkinkan karena para vendor menjadikannya fitur tersendiri untuk menambah daya saing.

Dengan keunggulan dan fungsi yang sama, maka laptop perlahan mengambil alih peran komputer dalam dunia kerja dan perusahaan. Bentuknya yang ringkas membuatnya tak perlu meja khusus dan tempat tertentu untuk digunakan, ini bisa menghemat pengeluaran untuk perusahaan.

Buat saya yang bergelut di dunia digital, desain atau web development, membeli laptop adalah suatu keharusan. Karena saya tidak ingin selalu mengandalkan komputer di kantor, seringkali mentahan project saya simpan. Dengan demikian, sekalipun saya pindah kerja, bahan-bahan tersebut masih ada di laptop saya dan bisa digunakan kembali. Lho bukannya bisa dengan cara simpan di flash disk atau hard disk external ?. Jawabannya tidak bisa, mengapa?. Karena flash disk dan hard disk external rawan virus serta rusak, mereka tidak punya pertahanan apapun dari virus. Sementara untuk membuka file butuh komputer atau laptop yang mana tidak menjamin komputer atau laptop yang digunakan bebas dari virus. Terutama komputer dan laptop di tempat umum seperti warnet atau persewaan lainnya.

Terlebih lagi, belakangan ini terjadi pandemi yang memaksa banyak orang bekerja dari rumah atau WFH, sehingga laptop menjadi kebutuhan primer dalam dunia kerja.

Bisnis di Jaman Serba Online

Sebelum masuk pembahasan laptop bisnis terbaik kita bahas satu persatu latar belakangnya. Perkembangan bisnis di dunia online makin pesat, banyak startup startup baru bermunculan yang semuanya menawarkan kemudahan akses atau transaksi daring. Apapun bisa dilakukan secara online, dan tampaknya, semua bisnis sekarang sudah harus online, minimal memiliki website. Jangkauan pasar juga makin luas, yang awalnya hanya terbatas pada ruang lingkup tertentu, sekarang menjadi tak terbatas berkat internet. Jangkauan pasar inilah yang memungkinkan siapa saja bisa menjadi pebisnis sukses, dengan catatan media pemasaran dan strategi yang digunakan tepat.

Tren media pemasaran berubah dengan sangat cepat, mulai dari era forum jual beli dengan rekbernya, kemudian muncul tren toko online. Kemudian dari era toko online tren bergeser ke iklan sosial media. Setelah banyak juga penjualnya, sekarang bergeser lagi ke video-video pendek.

Jika bisnis kamu mampu memilih media pemasaran yang tepat, peluang untuk mendatangkan calon klien atau pembeli akan jadi lebih besar. Ditambah lagi jika strategi bisnismu tepat, kamu akan jadi out of the box, yang berbeda dari para pesaingmu.

Pengertian Laptop Bisnis

Kesimpulan kami, laptop bisnis adalah laptop yang dirancang baik desain, spesifikasi dan fiturnya memiliki nilai tambah untuk kebutuhan bisnis. Sebenarnya laptop bisnis tidaklah mempunyai perbedaan yang besar dengan laptop pada umumnya. Akan tetapi laptop bisnis dikembangkan benar-benar mempertimbangkan dan fokus pada hal apa saja yang dibutuhkan oleh seorang pebisnis. Kebutuhan ini meliputi berbagai aspek yang akan sangat membantu para bisnis man dalam pekerjaan sehari-hari. Cukup sulit untuk menelusuri laptop bisnis pertama di dunia, namun bagi kami ASUS sukses menggunakan segmentasi pada produk laptopnya. Mulai dari ASUS ROG yang khusus buat gamers hingga kini ASUS ExpertBook untuk para pebisnis.

Mengapa butuh laptop bisnis

Dari pentingnya laptop untuk kerja, hingga bagaimana bisnis berkembang, sudah tepat jika seorang pebisnis hanya fokus pada segmen laptop bisnis. Banyak fitur yang tidak ditemukan pada laptop pada umumnya yang ada pada laptop bisnis. Diantaranya adalah keamanan data, kekuatan body fisik, konektivitas dan biometrik (sensor sidik jari, pengenal wajah, dll). Dari keunggulan tersebut, tidak masuk akal rasanya untuk tidak mempertimbangkan menggunakan laptop bisnis.

Keamanan Data

Keamanan data dibutuhkan mengingat varian dari malware makin banyak. Ditambah lagi kian banyak orang terutama anak muda yang belajar untuk menjadi seorang hacker atau peretas. Dengan keamanan data, data yang tersimpan atau transaksi yang dilakukan menggunakan laptop bisnis bisa lebih aman.

Kekuatan Body Fisik

Kekuatan build atau body fisik laptop bisnis mutlak diperlukan karena benturan sehari-hari kerap dialami jika pengguna cukup mobile seperti pebisnis. Dengan body yang kuat maka laptop akan lebih tahan terhadap benturan, getaran bahkan dari kerusakan akibat terjatuh.

Konektivitas

Konektivitas disini adalah berbagai slot atau port yang memungkinkan notebook terhubung dengan gawai lain, termasuk internet. Pelaku bisnis sering menggunakan media external seperti monitor, proyektor atau printer dalam kegiatan sehari-harinya. Sehingga konektivitas berupa port external yang lengkap sangat membantu.

Koneksi internet yang lebih cepat jelas akan membuat rutinitas bisnis makin lancar.

Biometrik

Biometrik berupa sensor sidik jari atau pengenal wajah juga penting, karena mencegah spy password atau otentikasi kita selama mengoperasikan laptop. Dengan sensor-sensor tersebut, meminimalisir password kita direkam atau di lihat oleh peretas.

Daftar Laptop Bisnis Terbaik 2022 ASUS ExpertBook

Kesuksesan ASUS dalam mengembangkan ASUS ROG membuat kami dan mungkin kamu setuju dengan bagaimana kehebatan departemen pengembangan mereka. Sehingga tidaklah berlebihan jika saat ini kami meyakini bahwa ASUS ExpertBook adalah seri laptop bisnis terbaik 2022.

ASUS ExpertBook B1 B1400

laptop terbaik asus expertbook b1 b1400
ExpertBook B1 1400 menurut kami adalah new entry level karena hampir semua standar laptop bisnis yang penting ada di sini. Perbedaan dengan yang seri B lain adalah :

  1. Hard Drive jalur SATA baik itu HDD ataupun SSD, keunggulannya menurut kami adalah, jalur HDD SATA membuat kita dapat pasang HDD dari laptop lama. Ini memudahkan kita dalam migrasi data dari laptop lama.
  2. Resolusi Hingga 4K 3840 x 2160 resolution, yang tidak dimiliki atau tidak disebutkan pada seri B lain.
  3. Menggunakan GPU MX330 NVIDIA® yang merupakan GPU gaming dari Nvidia yang memang dikembangkan untuk game. Sedangkan seri B lain menggunakan Intel® Iris® Xe yang dikembangkan untuk designer dan kreator. Menurut kami GPU dari B1 lebih tangguh untuk pekerjaan-pekerjaan berat yang membutuhkan pengelolaan grafik seperti animasi atau video.

Dibanderol dengan harga 12 jutaan dan segudang keunggulan mungkin B1 layak untuk masuk jajaran laptop bisnis terbaik tahun 2022.

ASUS ExpertBook B3 Flip B3402

laptop terbaik asus expertbook b3
B3 Flip B3402 dibanderol dengan harga 14 jutaan, dan punya beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh seri, diantaranya adalah

  1. Port Nano SIM Card Combo 4G LTE membuat kamu bisa menggunakan paket data langsung didalam laptop memakai kartu SIM, sehingga tidak perlu pakai wifi untuk sambungan internet. Pada beberapa situasi ini sangat dibutuhkan mengingat pebisnis kadangkala ada ditempat yang tidak internet friendly.
  2. Pensil stylus dan tempat chargingnya adalah keunggulan dari seri B3. Pada seri flip lain pensil tidak disebutkan dalam spesifikasi produk, meskipun sudah support.
  3. Dual kamera, ini adalah seri flip ExpertBook satu-satunya yang menggunakan 2 kamera. Sehingga ketika digunakan sebagai tablet, kamu bisa mengambil foto dengan lebih mudah.
  4. Bahan plastik body yang sudah sertifikat ISO 22196 yang merupakan sertifikat untuk bahan-bahan anti bakteri.

ASUS ExpertBook B5 Flip B5302F

perbedaan asus expertbook b5
B5 B5302F merupakan produk yang menurut kami termasuk unggulan dari ExpertBook, bagaimana tidak sederet perbedaan dengan seri lain membuatnya unik.

  1. Teknologi RAID memungkinkan 2 jalur M.2 yang ada pada laptop ini bekerjasama untuk hasil pemrosesan yang lebih cepat.
  2. Dengan berat yang hanya 1.3Kg, menjadikannya salah satu laptop paling ringan di seri ExpertBook
  3. Fast Charging ada di seri B5, B7 dan B9, merupakan keunggulan tersendiri, karena kita tidak setiap saat ada di tempat yang mudah untuk mendapatkan listrik.
  4. Layar OLED juga tertanam pada seri B5, B7 dan B9, yang memungkinkan kita mendapatkan gambar yang lebih realistis dengan kontras yang seimbang.
  5. Layar Anti-glare disematkan pula pada laptop ini dan laptop selanjutnya. Anti glare adalah sebutan untuk layar kaca yang anti pantulan, sehingga apabila ada cahaya dibelakang kamu saat anda didepan laptop, cahayanya tidak akan menyilaukan kamu.

ASUS ExpertBook B7 Flip B7402F

asus expertbook b7
Selanjutnya adalah laptop bisnis terbaik ExpertBook B7 Flip B7402F, laptop ini mempunyai beberapa keunggulan. Sperti yang telah disebutkan diatas seperti anti glare, fast charging dan layar OLED, beriktu kelebihan lainnya.

  1. Seri ExpertBook yang bisa di upgrade hingga Up to 64 GB DDR4 RAM
  2. B7 dan B9 mempunyai Slot M.2 jalur PCIe yang lebih cepat dari SSD M.2 biasa.
  3. Guna menyambut era 5G yang sebentar lagi akan ada, B7 dilengkapi dengan Nano SIM Card 5G yang lebih ceapt dari pendahulunya.
  4. Untuk ukuran ketebalan 18.9mm laptop ASUS ExpertBook B7 juga salah satu yang paling tipis.
  5. Dilengkapi dengan pipa pendingin AHCS
  6. Seri B7 dan B9 juga dilengkapi dengan Shortcut hotkey, yang membuat kamu bisa membuat tombol shortcut keyboard sendiri.
  7. B7 dan B9 juga tertanam proximty censor yaitu sensor pengenal objek yang biasa digunakan untuk Face recognition. Ini mempermudah kita dalam menyimpan password dengan lebih baik dan rahasia.
  8. Rasio aspek 16:10 yang dimiliki menjadi pembeda dari Expertbook lain yang masih 16:9, hal ini menambah kesan luas pada layar.
  9. Kaca Corning® juga menjadi bahan kaca untuk B7 dan B9, belum dikonfirmasi apakah seri yang lain juga ada.
  10. Mikrofon ganda memungkinkan suara yang ditangkap oleh laptop apabila tidak menggunakan headset menjadi jauh lebih jelas.
  11. Dua speaker bersertifikat Harman Kardon yang membuat pengalaman menjadi kian seru

ASUS ExpertBook B9 Flip B9400 Laptop Terbaik

spesifikasi laptop bisnis asus expertbook b9

spesifikasi laptop bisnis asus expertbook b9

ASUS ExpertBook B9 Flip B9400 merupakan laptop terbaik pilihan kami, karena hampir semua fitur unggulan ExpertBook ada di laptop ini. Seperti yang disebutkan diatas, RAID Tech, anti glare, layar OLED, fast charging, M. 2 PCIe, face recognition, dan sebagainya telah termasuk dalam laptop ini. Keunggulan lain yang patut untuk digaris bawahai adalah sebagai berikut:

  1. Mampu menjalankan prosesor hingga Intel® Core™ vPro® Generasi ke-11
  2. Menggunakan RAM LDDR4x 4266 MHz hingga 32 GB
  3. Menjadi laptop paling ringan dengan berat hanya 0.8 kg atau 800 gram saja.
  4. Merupakan laptop bisnis paling tipis yaitu hanya setebal 14.9mm.
  5. Terdapat fitur IR Camera atau kamera infra merah, sehingga mampu menangkap gambar dalam gelap.
  6. Berbahan Magnesium alloy yang membuatnya ringan namun tetap kuat.

Tips Menentukan Pilihan Laptop Bisnis

Hal paling mendasar untuk mendefinisikan laptop bisnis mana yang kamu butuhkan menurut saya adalah budget, karena masing-masing punya keunggulan. Jika kamu punya budget 30 jutaan, ya menurut saya jangan ragu untuk membeli B9, karena seri tersebut paling lengkap.

laptop bisnis terbaik

Nilai
10
3 Penilai
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars
(3 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...