Tips Menulis Puisi Pendek

Semangat berkreasi untuk para penulis puisi pendek dan puisi singkat

Menulis puisi pendek itu menyenangkan. Salah satu kelebihan menulis puisi pendek adalah fokus tema yang terjaga. Ide atau pikiran yang ingin kalian tuliskan menjadi lebih berkelindan, lebih berkesinambungan antara kata satu dengan lainnya, baris satu dengan selanjutnya, serta bait satu dengan bait kedua. Ya, editorial puisi pendek dan puisi singkat membatasi puisi yang akan dipublikasi hanya memiliki dua bait saja.

Selain fokus tema yang terjaga, menuliskan ide atau pikiran dalam beberapa baris kata yang terbatas dalam dua bait menjadikan puisi lebih padat. Kekurangan menulis puisi dengan berbaris-baris kata dalam beberapa bait panjang adalah semakin banyak pemborosan kata. Menulis puisi dalam dua bait dan baris yang pendek lebih efektif.

Inilah yang menyebabkan menulis puisi pendek itu menyenangkan. Karena saat menulisnya kita benar-benar menyaring kata, menghilangkan yang boros dan menambahkan yang puitis. Kalian bisa memulai dari tema-tema yang ringan. Kategori di dalam puisipendek.net dapat membantumu untuk menentukan tema. Atau, bila ide telah kering, kalian bisa membaca-baca artikel di koran tentang apa saja yang terjadi hari ini. Peristiwa penting hari ini biasanya akan memantik ide datang kepadamu.

Editorial puisipendek.net mengucapkan, semangat untuk para penulis puisi pendek dan puisi singkat.